Satu Orang Meninggal Dunia Akibat DBD, DKK Purbalingga Lakukan Vogging

KBRN, Purbalingga : Setelah mendapatkan laporan satu orang meninggal dunia  warga Desa Kutawis Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga akibat Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purbalingga Kamis ( 20/1/2022) melakukan vogging di Desa Kutawis, selain itu di desa tersebut terdapat 9 kasus DBD.  Vogging dilakukan untuk memutus penularan lebih lanjut dan mencegah terjadinya kejadian luar biasa (KLB) .

Pemegang Program Pengendalian DBD DKK Purbalingga, Abidin Solihin (Abisol) mengatakan vogging dilakukan dikarenakan ditemukannya kasus DBD. Kemudian setelah dilakukan penelitian terkait indeks house di tempat kejadian peristiwa (TKP) ternyata sudah mencapai 50 persen. Padahal sesuai dengan ketentuan kementrian kesehatan vogging bisa dilakukan kalau indeks house sudah lebih dari 5 persen.

“ Vogging seharusnya dilakukan kemarin Rabu (19/1/2022), namun meningat TKP berdekatan dengan area umum yakni dekat pasar kutawis dan dua madrasah maka vogging baru bisa dilakukan sekarang,” ujarnya.

Sebelum dilakukan vogging, tambah Abisol sehari sebelumya sudah dilakukan kegiatan sosialisai pengendalian nyamuk menular yakni dengan gerakan PSN 3 M Plus (pembrantasan sarang nyamuk dengan menguras, menutup, mengubur barang-barang yang bisa untuk berkembang bisak nyamuk). (Ris). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar