MDMC Responsif Terhadap Kebencanaan di Purbalingga

KBRN, Purbalingga:  Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dianggap sangat responsif terhadap kebencanaan yang terjadi di Purbalingga. Hal tersebut disampaikan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat menghadiri sarasehan dan silaturahmi MDMC Purbalingga Kesiapan Masyarakat Dalam Hadapi Bencana Hidrometrologi di Kabupaten Purbalingga yang diselenggarakan oleh OMOR (One Muhammadiyah One Response) PDM Purbalingga, Jum’at (14/1/2022) di markas OMOR Kaligondang.

Bupati Tiwi mengatakan, MDMC Purbalingga mampu bersinergi baik dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk menangani bencana yang ada di Kabupaten Purbalingga. Menurutnya, Kabupaten Purbalingga dengan segala potensinya seperti dua sungai besar, dataran tinggi hingga gunung berapi juga menimbulkan potensi bencana yang besar juga.

“Kita mempunyai dua sungai besar, dataran tinggi dan gunung berapi di samping mempunyai potensi daerah yang subur juga mempunyai potensi bencana. MDMC bersama Pemkab Purbalingga dalam hal ini BPBD bersinergi dengan baik dalam penanganan bencana yang ada di Purbalingga,” katanya.

Responsif tinggi MDMC salah satunya adalah saat membangun Hunian Sementara (Huntara) serta healing terdampak bencana tanah bergerak di Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan beberapa waktu lalu. Untuk menunjang kelancaran operasional MDMC Purbalingga, Bupati Tiwi berjanji untuk memenuhi sarana prasarana penunjang dan pada acara tersebut Bupati Tiwi memenuhi janjinya dan berharap hal tersebut bisa bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat Purbalingga.

“Semoga ini bermanfaat dan maslahat di tengah masyarakat Kabupaten Purbalingga khususnya dalam kesiapsiagaan bencana,” ujar Bupati Tiwi.

Bupati Tiwi menambahkan, kesigapan MDMC juga terbukti saat penanganan Covid-19 di kabupaten Purbalingga. “MDMC Purbalingga juga sigap saat penanganan Covid-19 di Kabupaten Purbalingga,” imbuhnya.

Sutaryo, perwakilan PD Muhammadiyah Purbalingga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tiwi yang telah banyak membantu MDMC Purbalingga termasuk Sarpras operasional yang digunakan sehingga memudahkan gerak MDMC dalam penanganan bencana di Kabupaten Purbalingga. Muhammadiyah melalui MDMC siap bersinergi dengan Pemkab Purbalingga secara terus menerus sehingga potensi kerugian akibat bencana bisa diminimalisir.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Bupati yang telah banyak membantu kami dan kami siap bersinergi dengan Pemkab Purbalingga untuk penanganan bencana di Kabupaten Purbalingga,” pungkasnya. (LL/spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar