Perwakilan Ormas di Purbalingga Ikuti Sosialisasi Perundang-undangan Ormas

KBRN, Purbalingga: Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang ada di wilayah  Kabupaten Purbalingga menerima sosialisai peraturan Perundang-undangan Ormas Kabupaten Purbalingga Tahun 2021 dan sekaligus silaturahmi dengan pejabat Forkopimda Kabupaten Purbalingga di Braling Grand Hotel by Azana Purbalingga, Jl S. Parman No. 50 Kedung Menjangan Kelurahan Purbalingga, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Senin (26/10/2021).

Kegiatan yang mengambil tema "Melalui Koordinasi dan Sinergitas Kita Tetap Tingkatkan Peran Serta Ormas Dalam Rangka Membangun Purbalingga" dalam pelaksanaannya diawali dengan sambutan oleh Kakan Kesbangpol Kabupaten  Purbalingga Gatot Budirahardjo yang sekaligus memberikan  materi terkait Peraturan Perundang-undangan yang bertujuan mengatur secara proporsional tentang ekspresi kebebasan mengeluarkan pendapat, berserikat dan berkumpul dalam konteks organisasi kemasyarakatan yang diatur dalam pasal 28 UUD 1945.

Menurutnya ada beberapa aspek yang harus dapat diindentifikasi permasalahan oleh organisasi kemasyarakatan yaitu legalitas organisasi kemasyarakatan, bagaimana peran dan fungsi organisasi kemasyarakatan dalam kehidupan bermasyarakat serta bagaimana tanggung jawab organisasi kemasyarakatan dalam pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya beberapa narasumber lain seperti dari Kejari Purbalingga, Polres Purbalingga dan Kodim 0702/Purbalingga  juga turut memberikan materi sesuai bidangnya masing-masing serta sesi tanya jawab dengan peserta sosisalisasi.

Dandim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Decky Zulhas, SH., M.Han dalam penyampaian materinya memaparkan tentang peran organisasi kemasyarakatan dalam pembinaan peningkatan wawasan kebangsaan yang pada pokoknya bagaimana upaya meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme serta patriotisme dalam turut serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam kesempatan tersebut Dandim saat dikonfirmasi menuturkan jika saat ini perlu adanya peningkatan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaaan bagi seluruh komponen bangsa khususnya kepada para pemuda maupun berbagai elemen bangsa yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan.

“Menghadapi tantangan bangsa yang makin kompleks saat ini dimana erosi nasionalisme, jiwa juang, serta jati diri bangsa yang mulai nampak mengalami degradasi, karenanya perlu peningkatan wawasan kebangsaan, bangkit  bersatu bersama seluruh komponen anak bangsa termasuk Ormas demi tetap tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa demi kejayaan NKRI,” ungkap Dandim menegaskan. (SF/spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00