Pandemi Belum Usai, Jelang Lebaran Pusat Perbelanjaan Makin Padat

KBRN, Purbalingga: Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan di kabupaten Purbalingga mulai nampak menimbulkan kerumunan meski di tengah pandemi Covid 19 dan larangan mudik lebaran 2021.

Hal itu terlihat dari pantauan rri.co.id di pusat-pusat perbelanjaan di Purbalingga yang semakin dipadati masyarakat menjelang berakhirnya Ramadhan.

Kabag Ops Polres Purbalingga, Kompol Pujiono membenarkan sejak Ramadhan memang aktivitas masyarakat Purbalingga meningkat. Terlebih lagi mendekati lebaran ini, mobilitas warga cukup tinggi khususnya pada tempat umum seperti pasar dan tempat perbelanjaan lainnya .

“Pantauan kami Satgas Covid -19 maupun melalui kegiatan rutin yang ditingkatkan kita memang melihat di beberapa titik ada peningkatan kegiatan masyarakat, terutama di pasar, di beberapa ruas jalan juga ada peningkatan moda transportasi,” katanya.

“Kemudian untuk itu kami dari Tim Satgas Covid 19, kita telah melakukan upaya pencegahan dan edukasi secara humanis dan kita telah mengaktifkan PPKM skala mikro di masing-masing desa dan kecamatan,” ujarnya.

Kasi Distribusi Perdagangan pada Dinperindag Purbalingga Martha Dwi Hudiati mengatakan, meningkatnya aktivitas masyarakat dikarenakan mereka berbelanja kebutuhan lebaran seperti makanan, parcel untuk lebaran serta kebutuhan barang-barang baru seperti pakaian.

“Sudah tradisi ya, karena orang masih terbawa kalo lebaran harus beli baju baru, jadi mereka berbondong-bondong beli baju, dan keperluan masak saat lebaran,” katanya di sela-sela kegiatan monitoring makanan jelang lebaran di Pusat Pertokoan Jalan Jendral Soedirman Barat, baru-baru ini.

Salah satu pengelola toko swalayan di Jalan Jendral Soedirman Barat, Riyanti mengatakan, seiring meningkatnya pembeli menjelang lebaran membuat dirinya selalu mewajibkan pengunjung mengenakan masker saat masuk ke dalam toko, serta mencuci tangan di fasilitas cuci tangan yang sudah disediakan.

“Kita kan bergerombol ya, kita kan nggak tau orang abis pada darimana, pokoknya kalo nggak pakai masker justru sama kita nggak dibolehin masuk,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, Kamis, 6 Mei 2021, selain peningkatan aktivitas masyarakat terjadi di pasar tradisional, juga di pusat pertokoan jalan Jendral Soedirman Barat, Toko pakaian muslimah dan Toko Bahan Kue di Jalan Jendral Soedirman Timur, serta di tempat perbelanjaan lainnya. (ftr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00