Puluhan Mahasiswa Vietnam,Antusias Belajar Bahasa Indonesia

KBRN, Ho Chi Minh City : KJRI Ho Chi Mint City Vietnam Mulai Minggu ( 7/2/2021) membuka  kursus Bahasa Indonesia bagi warga Vietnam.  Kusrus Bahasa Indonesia, berkerjasama dengan Universitas Adi Buana Suarabaya. 

Karena saat masih dalam pandemi, sehingga pembelajaraan dilakukan secara online.Meski demikian para peserta mengikutinya dengan semangat dan antusias. 

Dari rilis yang diterima oleh RRI Senin ( 8/2/2021), dari KJRI Ho Chi Mint City  terdapat 49 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Vietnam yang mengikuti kursus Bahasa Indonesia. 

Komnjen RI Hi Chi Mint City Hanif Salim mengatakan  kusrus Bahasa Indonesia ini, bagian dari diplomasi dan memperkenalkan Bahasa Indonesia secara luas kepada masyarakat Vietnam. Selain sama- sama anggota ASEAN, pengenalan Bahasa Indonesia juga memperkenalkan budaya Indonesia. 

Dengan tujuan mempererat hubungan antara masyarakat Indonesia dan Vietnam, selain itu juga dapat meningkatkan kerjasama di berbagai bidang yang sudah dijalin selama ini. 

Dengan  semakin banyak masyarakat dunia yang belajar Bahasa Indonesia, Hanif berharap Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi PBB. 

"Minat yang tinggi dari mahasiswa Vietnam untuk belajar bahasa Indonesia menunjukkan potensi yang besar dari Bahasa Indonesia di kawasan Asia Tenggara bahkan berpotensi menjadi salah satu bahasa resmi PBB" ujar Hanif Salim.

Kusrus Bahasa Indonesia secara online ini, dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Adi Buana, Dr. Marianus. Dihadiri pula Kepala UPT BIPA Universitas Muhammadiyah Malang  Dr. Arif Budi Wurianto. 

Marianus Subandowo mengatakan program kelas online BIPA Adi Buana merupakan bentuk kontribusi terhadap upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia. 

" Selaku perguruan tinggi, kami selalu mendukung upaya diplomasi Indonesia di kancah internasional. Salah satunya dengan diplomasi budaya dan bahasa. Dengan semakin banyak orang di dunia berbahasa Indonesia, maka harapan kita Bahasa Indonesia, akan segera digunakan oleh Perserikatan Bangsa- Bangsa sebagai bahasa resmi,”kata Marianus.  

Kursus Bahasa Indonesia, selain dilaksanakan bagi warga Vietnam, juga berlangsung di 17 negara lainya, seperti Thailand, Amerika Serikat, Ingris, Italia dan lainya. Dengan jumlah total peserta mencapai 88 orang. (Rilis/ RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00