750 Jiwa Warga Kebumen Diplot Jadi Target Vaksinasi Covid-19

KBRN, Kebumen: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen dokter Dwi Budi Satrio ditemui usai Rakor Terbatas Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid- 19mengatakan, secara prinsip Pemerintah Kabupaten Kebumen siap mengikuti instruksi Pemerintah Pusat, termasuk mensukseskan dan mengamankan pelaksanaan vaksin covid-19. Ia mengungkap sejumlah persiapan yang telah dilakukan Dinkes. Antara lain membentuk tim vaksinasi dan pelatihan, serta menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung di seluruh puskesmas.

"Khusus untuk Kebumen, diperkiarakan ada sekitar 750 jiwa yang akan dilakukan vaksin. Sasaran vaksinasi ini nantinya kami peruntukkan utamanya bagi warga yang berusia 18 hingga 59 tahun,"beber dokter Budi, Senin (30/11/2020).

Kepada seluruh masyarakat, pihaknya menghimbau untuk tidak khawatir karna vaksin ini telah melalui penelitian dan uji coba oleh para ahli medis. Bagi warga yang nantinya tidak ter-cover dalam 750 calon penerima, dikatakan dokter Budi, vaksin juga bisa dilakukan secara mandiri terutama bagi warga yang mampu secara ekonomi dengan biaya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu rupiah.

Sebagai tindakindaklanjut Peraturan Presiden RI Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Kebumen mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Terbatas Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid- 19, secara virtual melalui video conference dari Ruang Rapat Gedung F Komplek Setda Kebumen, Senin (30/11/2020). Rapat virtual ini juga digelar dalam rangka memberikan dukungan dan fasilitas dalam percepatan dan kelancaran pelaksanaan vaksinasi. 

Dalam kesempatan tersebut, para narasumber seperti Menkes, Mendagri, Menkominfo, dan Menteri BUMN mengharapkan Kepala Daerah/Walikota untuk memberi edukasi dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menggunakan vaksin. Kehadiran vaksin disebut menjadi salah satu faktor penting dalam menghentikan laju virus Corona.

"Pemerintah Daerah diharapkan mampu memberikan edukasi dan pemahaman secara luas kepada masyarakat pentingnya vaksinasi Covid-19. Baik melalui media elektronik, cetak mapun online dan media sosial lainya," imbau Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny Gerrard Plate.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00