Kementerian ESDM Bantu 400 Pompa Air Bahan Bakar LPG Untuk Petani Kebumen

KBRN, Kebumen: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyalurkan 400 paket alat konversi (converter kit) bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) dan mesin pompa air petani di Kebumen. 

Bantuan dari Kementrian ESDM diberikan secara simbolis oleh Bupati Kebumen dan Anggota DPR RI Komisi VII Rofik Hananto, Jumat (23/10/2020) di gudang Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kebumen. 

Anggota Fraksi PKS DPR RI Rofik Hananto mengapresiasi langkah cepat Distapang Kebumen dalam menyajikan data petani sasaran bantuan. Karena hal inilah, sebut Rofik, jumlah bantuan pompa air yang didapat Kebumen paling banyak dibandingkan Kabupaten Banjarnegara dan Purbalingga.

"Sesuai Perpres nomor 38 tahun 2019, negara hadir melalui kerjasama Kementerian ESDM dan DPR RI khususnya Komisi VII untuk menciptakan atau membangun masyarakat yang lebih sejahtera," terang politisi PKS ini.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Migas Kementerian ESDM melalui Kepala Pusat Pengelolaan Barang Negara Hufron Asrofi menyatakan, konversi dari BBM ke Gas (LPG) adalah untuk menyediakan energi ramah lingkungan dengan menekan emisi gas buang. Penggunaan LPG juga dapat menghematan biaya operasional mesin pertanian.

"BBM yang biasanya digunakan itu tipe premium yang saat ini cenderung susah didapatkan, beda dengan Bahan Bakar Gas (BBG)," ucapnya. 

Tidak tanggung-tanggung, dengan beralih ke gas, penghematan pengeluaran petani untuk mengoperasikan mesin pompa air diklaim mencapai 100 persen. Perbandingannya, 1 tabung gas LPG 3kg setara dengan penggunaan BBM 6 hingga 7 liter.

"Harga beli satu tabung gas ini kan tidak ada Rp 20 ribu," imbuhnya. 

Terkait hal ini Sales Branch ManagerMOR IV Pertamina Adeka Sangtraga Hitapria menyampaikan, pihaknya akan segera menambah kuota gas bagi Kabupaten penerima bantuan konverter kit ini, termasuk Kebumen. Langkahnya dengan berkordinasi dengan Pemkab khususnya Distapang dan Dinas Perindang.

"Otomatis kebutuhannya akan kami hitung lagi karena ada pos isi ulang untuk pertanian, jadi pasti akan bertambah," jelas Adeka.

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz ditemui usai acara menyampaikan terimakasih kepada anggota DPR RI Rofik Hananto atas kepeduliannya kepada petani Kebumen. Dikatakannya ini adalah bentuk komitmen pemerintah baik pusat, provinsi, maupun daerah dalam meningkatkan perekonomian khususnya bidang pertanian.

"Masyarakat Kebumen itu 58 persen adalah petani, jadi bantuan semacam ini sangat berarti bagi kami," tandas Yazid Mahfudz.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00