Kecamatan Kuwarasan Luncurkan Sekolah Untuk Ciptakan Keluarga Tangguh Hadapi Bencana

KBRN, Kebumen: Petugas Linmas atau dahulu bernama Hansip dari desa-desa di wilayah kecamatan Kuwarasan Selasa (20/10/2020) mendapat pembekalan awal tentang mitigasi bencana. Pembekalan ini merupakan rangkaian dari acara launching Sekolah Keluarga Aman Tangguh Bencana Kecamatan Kuwarasan di lapangan desa Mangli. Disampaikan Camat Kuwarasan Susilo di sela-sela acara, Sekolah Keluarga Aman Tangguh bencana ini bukanlah sebuah wahana pendidikan formal, namun sebuah kegiatan mengajarkan kepada masyarakat tentang langkah-langkah antisipatif ketika datang bencana.

"Kami akan mengajarkan kepada masyarakat agar mengetahui bahaya, resiko, dan cara-cara menghadapi bencana. Mulai dari bencana gempa bumi, tsunami, banjir, hingga kebakaran," terang Susilo.

Adanya Sekolah ini, lanjut Camat Kuwarasan, bukan untuk melatih masyarakat menjadi tim penyelamat tetapi membekali masyarakat dengan pengetahuan tentang teknik penyelamatan diri secara mandiri. Dengan memiliki pengetahuan tentang kebencanaan, diharapkan masyarakat nantinya tidak panik saat benar-benar terjadi bencana.

"Kita tidak pernah berharap bencana ini terjadi, tetapi bagaimana masyarakat tetap mengetahui ilmu menyelamatkan diri sendiri dari bencana, ilmu menyelamatkan diri dari bencana. Hari ini pembekalan awal, nantinya kita lanjutkan dengan pelatihan di tingkat desa," lanjutnya.

Sebagaimana layaknya sebuah sekolah, Sekolah Keluarga Aman tangguh Bencana ini pun memiliki Kepala Sekolah dan "kurikulum" yang dikemas dalam sebuah buku panduan. Sekretaris Camat Kuwarasan Nasrudin yang ditunjuk sebagai Kepala Sekolah menyampaikan, peserta pembelajaran di sekolah ini adalah para ketua RT dan RW.

"Kami akan bekerjasama dengan pemerintah desa, nanti kepala desa menugaskan para ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat untuk mengikuti pembelajaran. Waktu dan tempat pemdes yang tentukn, nanti kami datang dengan peralatan dan sebagainya," ujar Nasrudin.

Adapun untuk tenaga pengajar, Sekolah ini akan mengerahkan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) milik Kecamatan Kuwarasan yang telah terbentuk sebelumnya. TRC-PB ini merupakan salah satu inovasi dari kecamatan Kuwarasan yang dua kali berturut-turut mendapat penghargaan dari Bupati Kebumen pada Kompetisi Inovasi Pelayan Publik (KIPP) Pemerintah tingkat Kabupaten Kebumen di tahun 2019 dan tahun 2020.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00