60 Santri Di Kebumen Positif Covid-19, Dinkes Akui Gagal Cegah Kerumunan

KBRN, Kebumen: Usai munculnya Sub-Klaster Corona dari kalangan pesantren di Kebumen,  Senin (21/9/2020) Dinkes bersama Gugus Tugas melakukan upaya penanganan taktis, salah satunya dengan melakukan uji swab kepada orang-orang yang memiliki kontak erat dengan para santri. Sementara para santri yang sudah dinyatakan positif sudah ditempatkan di ruang-ruang isolasi.

"Hari ini dilakukan SWAB tes kepada 410 orang dengan rincian 137 orang Santri Pondok Pesantren Bandungsruni dan 273 orang anggota kepolisian. Besok Rabu kami akan lakukan SWAB kepada santri pindok yang di Petanahan itu," terang Kepala Dinas Kesehayan Kabupaten Kebumen Dwi Budi Satrio, Senin (21/9/2020).

Data baru yang dihimpun Dinas Kesehatan, hingga Senin sore terdapat sedikitnya 60 kasus santri terkonfirmasi positif Covid-19. 52 kasus merupakan santri pondok pesantren Nurul Hidayah Desa Bandung Alian Kebumen dan 8 lainnya merupakan santri Pondok Pesantren Al-Istiqomah desa Tanjungsari Petanahan Kebumen.

"Kenaikan (jumlah pasien positif Covid-19) ini mutlak karena kegagalan kami mencegah adanya interaksi sosial yang sangat pesat," terang dokter Budi, Senin (21/9/2020).

Kultur pesantren yang mengedepankan takdim (mengikuti perintah) kyai pengasuh, dipandang Budi Satrio sebagai hal yang positif dalam penanggulangan persebaran corona dari lingkungan pesantren. Pihaknya berharap, dengan komando kyai pengasuh terkait protap kesehatan angka penularan antar santri bisa diredam.

"Mereka sudah dalam posisi berada dalam satu ruang besar yang tertutup sehingga penularan keluar semoga sudah tidak ada," harap Kepala Dinkes.

Dilansir dari laman resmi Kebumen Tanggap Covid-19, para pasien positif dari kalangan santri ini secara umur didominasi oleh para remaja putri usia 13 hingga 21 tahun.

Upaya terkini dari Pemkab Kebumen melalui Dinkes dan Gugus Tugas menyepakati adanya pembatasan aktivitas di desa dan kedua pondok pesantren tersebut. 

"Desinfeksi kawasan sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya dan masih akan dilakukan," pungkas Dwi Budi Satrio.

Hingga berita ini dinaikkan, secara total kasus positif Covid-19 di Kebumen sebanyak 407 dengan 154 diantaranya masih dalam perawatan dan isolasi dan 11 orang meninggal dunia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00