Sambut Tahun Baru Imlek, Kapolres Kebumen Turun Langsung Bersihkan Klenteng

KBRN, Kebumen: Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memimpin langsung jalannya kerjabakti di Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen bersama anggotanya Jumat (24/1/2020). 

Bersama para personel yang dibekali sapu, kain pel, hingga kemoceng, Kapolres tidak canggung membersihkan berbagai sudut ruangan dari sampah atau debu yang menempel. Sementara personel lain termasuk Polwan membersihkan altar dan halaman Klenteng. 

Dijelaskan AKBP Rudy, kegiatan itu adalah kegiatan Jumat Ramah, dimana kegiatan Jumat pagi yang seharusnya diisi olahraga, dalam rangka menyambut tahun baru Imlek dialihkan dengan membersihkan bangunan Klenteng. 

"Ini adalah kegiatan spontanitas dari personel Polres Kebumen. Semoga perayaan Imlek yang akan digelar nanti malam akan berlangsung nyaman dan sehat," kata AKBP Rudy di sela kegiatan. 

Penjaga Klenteng Ismanto menyambut gembira apa yang dilakukan oleh korp Polres Kebumen. 

Ia merasa terbantu dengan diterjunkannya puluhan personel Polres Kebumen membersihkan rumah ibadah yang dikelolanya.

"Sangat senang sekali. Kegiatan ini sangat membantu, seperti kita lihat, semua menjadi bersih," kata Ismanto sambil tersenyum karena merasa terbantu. 

Untuk diketahui, Klenteng Kong Hwie Kiong dibangun pada tahun 1898 oleh Liem Kik Gwan seorang Letnan keturunan Tionghoa. 

Liem Kik Gwan merupakan seorang petugas pengumpul pajak (Kong Sin) bagi orang-orang Tionghoa untuk diserahkan kepada Belanda di masa penjajahan. Klenteng dibangun sebagai tempat ibadah warga keturunan Tionghoa yang saat itu jumlahnya sudah cukup banyak.

Klenteng yang sudah berumur 117 tahun sejak dibangun pertama kali ini memiliki 15 altar dan 25 patung dewa-dewi (rupang).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00