Event Kebumen International Expo yang Digeber Artis Ibukota 8 Hari Berturut-turut, Ditutup

KBRN, Kebumen: Setelah berlangsung selama delapan hari, Kebumen International Expo (KIE) resmi ditutup oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar pada Sabtu malam (2/7/2022). Event bertaraf International yang dibuka Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ini menghadirkan konser artis ibukota setiap malam. Acara Closing Ceremony KIE diisi dengan penampilan musisi legendaris Iwan Fals dan dimeriahkan dengan pesta kembang api.

Disampaikan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto usai acara penutupan, KIE telah dikunjungi oleh lebih dari 220 ribu orang. Jumlah ini melebihi target awal yang ditargetkan yakni 120 ribu pengunjung. KIE ini, kata Bupati, digelar untuk bisa membangkitkan kembali perekonomian masyarakat Kebumen. KIE menggabungkan antara perdagangan, pariwisata dan investasi.

"Total nilai investasi yang masuk kurang lebih Rp 704 miliar. Jadi ini melebihi target karena di KIE awalnya kita hanya menargetkan investasi sebesar Rp 100 miliar. Alhamdulillah semoga bisa dimudahkan," ucap Bupati.

KIE juga berhasil menghubungkan banyak perusahaan untuk membuka lowongan melalui rangkaian kegiatan Job Fair yang diadakan selama dua hari. Setidaknya ada ada 8.287 lowongan pekerjaan yang disediakan untuk tamatan SMA sederat dan Sarjana. Jumlah peminatnya pun cukup banyak, ada 3.368 orang yang telah melamar pekerjaan dalam Job Fair KIE 2022 ini.

"Kami berharap melalui salah satu rangkaian acara yaitu Job Fair, manfaat KIE bisa dirasakan langsung oleh masyarakat utamanya adik-adik penari kerja," lanjutnya.

Selama delapan hari gelaran KIE ini berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. Meski KIE berhasil mendatangkan ratusan ribu orang. Sempat ada beberapa kendala seperti pencopetan pada saat konser. Namun dengan sigap polisi berhasilkan mengamankan tiga kawanan pencopet, dan langsung ditahan ditetapkan sebagai tersangka.

"Yang patut kita syukuri adalah KIE berlangsung dengan aman dan damai. Dengan melihat keberhasilan ini, Insya Allah tahun-tahun depan kita sudah bisa memiliki banyak pengalaman atau lebih siap untuk mengadakan kegiatan besar. Paling tidak KIE ini telah menjadikan semangkat kita untuk belajar lebih maju, lebih berkembang, dalam mewujudkan Kebumen yang Semarak," tutupnya.

Iwan Fals menjadi artis penutup di gelaran KIE, setelah sebelumnya selama satu minggu full menghadirkan musisi papan atas, yakni Sammy Simorangkir, Band Kotak, Padi Reborn, Gigi, Shalawatan Gus Azmi, dan Rhoma Irama. Tak lupa, Bupati menyampaikan terima kasih kepada PT Pertamina (Persero) selaku sponsor utama, dan pihak-pihak yang juga ikut mendukung kegiatan ini, seperti Bank Jateng. (FM) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar