Apel Kebangsaan Awali Kegiatan HUT 1 Abad PSHT di Kebumen

KBRN, Kebumen: Apel Kebangsaan menandai dimulainya rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Satu Abad Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), yang diselenggarakan PSHT Cabang Kabupaten Kebumen Pusat Madiun. Kegiatan dimeriahkan dengan penampilan atraksi pencak silat dari para pendekar PSHT Kebumen, Sabtu (22/1/2022).

Apel di Halaman Pendopo Kebumian Kebumen dipimpin Warga PSHT Bambang Priyohardi. Bertindak sebagai Pembina Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri. Hadir secara langsung Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, serta jajaran Forkopimda lainya dan sejumlah OPD. 

Dalam amanat apel, Dandim antara lain menyampaikan ucapan selamat Ulang Tahun yang ke-100 kepada keluarga besar PSHT Kebumen. Ia berharap dengan momentum ini PSHT bisa semakin solid, jaya dan mampu membawa kemajuan dan kebaikan, baik bagi organisasi maupun masyarakat luas. 

"PSHT adalah sebuah organisasi dan perguruan pencak silat yang besar. Anggotanya juga sangat banyak. Kiprahnya dalam memasyarakatkan dan menjaga warisan luhur budaya bangsa berupa pencak silat sudah tidak diragukan lagi. Begitu pula prestasinya. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi." kata Letkol Inf Eduar Hendri.

Ditemui usai acara, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memandang Pencak silat memiliki peran penting dalam menjaga ke-Indonesiaan. Termasuk sebagai warisan budaya bangsa, pencak silat diharapkan mampu mengakarkan rasa cinta tanah air, bangga dengan budaya sendiri, sekaligus semangat untuk menyebarluaskannya ke seantero dunia.

"Seiring laju modernisasi dan perkembangan teknologi, tantangan yang kita hadapi juga semakin berat. Serbuan budaya luar, dekadensi moral, ancaman perpecahan, dan bentuk- bentuk pelanggaran norma dan hukum adalah tantangan bersama saat ini, " kata Bupati.

Di sisi lain, Bupati juga meminta sinergitas bersama agar turut mendukung kemajuan pembangunan di Kabupaten Kebumen. Tak terkecuali PSHT, agar mampu melaksankan peran dan fungsinya dengan baik dan optimal, serta berkolaborsi dengan elemen lain, agar menjadi energi kebaikan yang besar. 

"Kegiatan ini hendaknya menjadi wahana untuk meneguhkan karakter, kapasitas dan wawasan kebangsaan bagi kelarga besar PSHT. Keluarga besar PSHT diharapkan  tampil menjadi kader yang berkualitas. Juga dapat mengoptimalkan perannya sebagai mitra Pemerintah. Berperan dalam pembangunan dan ikut menciptakan iklim sejuk dan kondusif," katanya.

Terakhir Bupati mengajak untuk menjadikan Kabupaten Kebumen sebagai Kabupaten yang sejuk dan penuh energi kebaikan. Pembangunan ini membutuhkan uluran tangan kita semua. 

"Bersama, mari kita wujudkan hari esok yang lebih baik," pungkas Bupati. (FM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar