Intensitas Hujan Tinggi, Warga Kebumen Diminta Siaga Bencana Alam

KBRN, Kebumen: Hujan lebat turun hampir setiap sore di wilayah Kabupaten Kebumen selama sepekan terakhir. Akibatnya sejumlah kejadian bencana mulai menjadi kewaspadaan warga, salah satunya tanah longsor. Kali ini longsor terjadi di Dusun Kaligending, Desa Argosari, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen tepatnya di teras rumah Trimo milik warga setempat.

Longsor terjadi pada hari Kamis (20/1) sekitar pukul 22.30 WIB setelah daerah tersebut diguyur hujan lebat sejak siang harinya.

"Awalnya pemilik rumah mendengar suara gemuruh, saat dicek rupanya talud yang berada tepat di teras rumahnya longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu," jelas, Jumat (21/1/2022).

Dari kejadian itu, material longsor menutup jalan di samping rumah Trimo dan hari ini sudah dievakuasi warga bersama dengan Polsek Ayah.

Trimo diperkirakan mengalami kerugian material kurang lebih 22 juta Rupiah karena talud mengalami kerusakan cukup parah.

Selanjutnya, di waktu malam yang bersamaan, pohon tumbang menimpa rumah warga, Teguh (37) warga Desa Mrentul, Kecamatan Bonorowo sekitar pukul 03.30 WIB. 

Pohon berukuran lumayan besar tersebut menimpa rumah Teguh bagian belakang yang menyebabkan atap rumahnya rusak. 

Adanya peristiwa tersebut AKP Tugiman mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Hujan lebat berpotensi menyebabkan bencana alam serta pohon tumbang. (FM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar