Hari Santri : Pesantren Lahirkan Generasi Beradab dan Berakhlak

KBRN, Kebumen: Peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga. Menurut Bupati Kebumen, ini merupakan bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga atau mawas diri terhadap segala ancaman. Termasuk ancaman penyakit atau wabah.

Dalam konteks pandemi saat ini, lanjut Bupati, menjadi sangat penting dan relevan, di mana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas, dan Doa). 

Apel upacara Hari Santri menjadi puncak acara dalam rangka peringatan Hari Santri yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Kebumen di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (22/10/2021). 

Upacara Hari Santri diikuti oleh para santri, dan jajaran Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Kebumen, Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kebumen, Kemenag, jajaran Forkompinda, dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang bertindak sebagai pembina upacara.

Bupati menyampaikan rasa bangga, Kebumen termasuk kabupaten yang memiliki banyak pesantren. Dengan begitu, kaum santri di Kebumen punya andil besar dalam memajukan pendidikan masyarakat yang berkarakter, berakhlak mulia, di tengah maraknya pergaulan bebas.

"Ini yang patut kita syukuri, karena bagaimana pun pendidikan pesantren banyak melahirkan generasi pelajar yang berilmu, berakhlak, dan beradab. Santri adalah benteng masyarakat dari banyaknya ancaman pergaulan bebas," ujar Bupati.

Dalam Peringatan Hari Santri tahun ini, Pemkab sudah memberikan banyak dukungan, antara lain vaksinasi untuk santri, pemberian bantuan alat perlengkapan Prokes, seperti sabun, masker, hanzaniter yang jumlah ribuan untuk 94 pesantren, kemudian pertandingan futsal antar santri, dan semakan khataman Quran di Pendopo Rumah Dinas Bupati. (FM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00