Dishub Kebumen Cek Rambu Lalu Lintas Jelang Ujicoba Pemberlakuan Jalur Satu Arah

KBRN, Kebumen: Dalam rangka persiapan peluncuran perubahan rute jalan satu arah dalam kota Kebumen,  jajaran Dinas Perhubungan melakukan pengecekan rambu-rambu lalu lintas. Pengecekan lokasi dipimpin langsung oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan Cokro Aminoto, Selasa (4/5/2021).

Pengecekan rambu-rambu sendiri dimulai dari area Tugu Lawet yaitu Jalan Pahlawan ke arah barat, Alun-Alun Kebumen, Jalan Mayjend Sutoyo dan berakhir di Jalan Kusuma. Adapun untuk uji coba perubahan rute jalur satu arah akan dilaksanakan di jalan-jalan protokol selama dua pekan, mulai Rabu 5 Mei hingga Kamis 20 Mei 2021.

"Setelah itu dianggap berhasil, baru akan diberlakukan secara permanen. Selama dua pekan uji coba perubahan jalur searah menuju permanen juga akan diawasi oleh petugas," ujar Cokro Aminoto.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Kebumen akan melakukan uji coba pemberlakuan jalur satu arah pada sejumlah jalan protokol. Hal ini dilakukan guna mengurangi terjadinya penumpukan kendaraan, kemacetan dan sekaligus pengembangan wilayah perkotaan.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pada akhir april lalu mengatakan pemberlakukan satu arah ini antara lain didasari peningkatan jumlah (volume) kendaraan yang menyebabkan ketidakseimbangan dengan kapasitas ruang jalan.

"Ditambah, saat ini kapasitas jalan berkurang akibat tingginya hambatan samping jalan yang digunakan seperti parkir tepi jalan umum, pedagang, ataupun tempat bongkar muat barang,"ujar Bupati Arif Jumat (23/4/2021) lalu. (FM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00