Kebumen Luncurkan Festival Anggaran Dan Subsidi Bunga Bagi Usaha Mikro Kecil Tahun 2021

Pemerintah Kabupaten Kebumen resmi meluncurkan Festival Anggaran dan Subsidi Bunga bagi Usaha Mikro Kecil di Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2021. Peluncuran dilaksanakan Bupati Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Rabu (28/4/2021) di Pendopo Rumah Dinas.

Dijelaskan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, kegiatan Festival Anggaran berupa transparansi anggaran dan keuangan pemerintah ini merupakan suatu bentuk konkrit dari komitmen keterbukaan dan reformasi birokrasi pemerintah. Festival Anggaran akan memberikan gambaran sejauh mana program dan alokasi kebijakan anggaran daerah untuk kebutuhan dan pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan peningkatan ekonomi.

"Kami mencoba menjawab tantangan-tantangan dalam penyediaan layanan publik agar lebih profesional. Ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan komitmen yang tinggi dan kerja keras dan cerdas, agar semuanya tercapai," ujar Ristawati.

Dengan diluncurkannya program Festival Anggaran, Wabup meminta agar setiap Dina/OPD dapat mengikuti dengan menampilkan anggaran yang dikelola melalui website masing-masing, maupun papan pengumuman di masing-masing kantor.

Sementara itu, Progam Subsidi Bunga bagi Usaha Mikro Kecil Terkait usaha mikro kecil menengah yang juga diluncurkan pada kesempatan yang sama diharapkan dapat membantu pelaku usaha untuk memperoleh fasilitas permodalan dari lembaga jasa keuangan secara profesional dengan bunga rendah. Pelaksanaan program subsidi bunga kepada Usaha Mikro Kecil tidak lain bertujuan untuk memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil agar bisa mendapatkan dengan mudah akses permodalan dari lembaga keuangan penyalur secara profesional.

"Tujuannya, selain menyediakan subsidi bunga, diharapkan dapat membantu meringankan beban serta mengurangi ketergantungan terhadap rentenir," tambah Ristawati.

Dijelaskan Kepala Bagian Perekonomian Setda Kebumen Yunita Prasetyani, program subsidi bunga untuk UMKM ini dibagi untuk 3 BUMD dengan target 600 nasabah.

"Rinciannya, Rp 225 juta untuk BPR BKK, Rp 200 juta untuk BPR Bank Kebumen, dan Rp 75 juta untuk PD BPR BKK Jateng Cabang Kebumen. Jadi memang untuk mengcover semua UMKM tidak cukup. Ini ditarget untuk 600 nasabah dengan jangka waktu peminjaman kurang dari satu tahun dan pinjaman dibawah 25 juta, " jelas Yunita Prasetyani.

Dalam program subsidi bunga ini, lanjut Yunita, UMKM mendapatkan potongan untuk bunga pinjaman yang diajukan. Tujuannya , tidak lain untuk membantu untuk UMKM yang produktif tapi kekurangan modal.

Peluncuran program Festival Anggaran dan Subsidi Bunga bagi Usaha Mikro Kecil Kebumen dihadiri sejumlah pejabat dan Kepala OPD serta perwakilan BUMD. Acara dimulai dengan peresmian program di pendopo dan dilanjutkan dengan pembukaan tirai aksasa di alun-alun Kebumen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00