Jalan Protokol Kebumen Bakal Dibuat Satu Arah

KBRN, Kebumen: Pemkab Kebumen akan segera melakukan uji coba pemberlakuan satu arah pada sejumlah jalan protokol. Ini dilakukan guna mengurangi terjadinya penumpukan kendaraan kemacetan dan sekaligus pengembangan kota.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan pemberlakukan satu arah ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang menyebabkan kemacetan. Terlebih, saat ini peningkatan volume kendaraan terus naik ditambah berkurangnya kapasitas jalan akibat parkir tepi jalan umum, lapak pedagang, ataupun tempat bongkar muat barang.

"Sebentar lagi kita akan melakukan uji coba jalur satu arah, mulai dari Tugu Lawet sampai Alun alun ini satu arah, kemudian dari Alun alun ke Pendopo sampai koplak dokar. Insya Alloh dalam Minggu ini akan segera kita uji coba," terang Bupati Arif, Sabtu (24/4/2021).

Sedikitnya ada empat ruas jalan yang akan menjadi uji coba pemberlakuan satu arah. Yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan Kusuma, Jalan Kolopaking. Jalan Pahlawan dibuat satu arah ke barat, Mayjen Sutoyo satu arah ke timur, Kusuma satu arah ke Selatan, dan Kolopaking satu arah ke barat.

Dengan kebijakan ini Bupati berharap akan tumbuh sentra ekonomi masyarakat. Kedepan jalan tersebut juga akan dilengkapi dengan lampu Solar Cell yang diproduksi oleh para lulusan SMK di Kebumen.

"Tamatan SMK sebentar lagi akan kita berikan pendidikan dan pelatihan pembuatan rangkaian lampu penerangan jalan umum (LPJU) berbasis Solar Cell. Jadi LPJU yang terpasang nantinya benar-benar hasil karya asli pemuda Kebumen," imbuh Bupati.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Perhubungan Kabupaten Kebumen, jumlah pertumbuhan jumlah kendaraan mencapai 9,2 persen pertahunnya sehingga menambah volume kendaraan pada ruas jalan. 

Adapun potensi kemacetan yang akan terjadi setelah pemberlakuan kebijakan tersebut berada di 9 titik. Yaitu simpang 4 SMAN 1 Kebumen, Simpang 4 SMPN 1 Kebumen, Simpang 4 Polsek Kebumen, simpang 3 Pasar Burung, simpang 3 Kantor pos, simpang 3 Bank Jateng, simpang 4  SMPN 5 Kebumen, simpang 4 Pegadaian dan simpang 3 Wonoyoso. Untuk itu akan dilakukan penertiban parkir tepi jalan umum. Roda empat diparkir sejajar arah jalan, roda dua dan empat diparkir satu lapis.

Tak hanya itu, kondisi ini juga berimbas pada rute angkutan umum di Kebumen. Angkutan dari arah Barat dan Utara, masuk dari Mertokondo ke Gedung Haji ke SMA N 1 Kebumen ke Polsek dan berakhir di Terminal. Angkutan dari arah Buluspesantren, masuk lewat Jalan Pramuk ke Simpang 4 Pegadaian ke Jalan Suprapto ke Simpang 4 Polsek dan berakhir di Terminal.

Sedangkan angkutan dari arah Timur atau Prembun, kendaraan masuk lewat Kawedusan ke Wonoyoso ke Koramil Kebumen ke Simpang 4 Polsek Kebumen dan berakhir Terminal. Selanjutnya dari arah Alian masuk lewat Kawedusan ke Wonoyoso ke Koramil Kebumen ke Polsek dan berakhir Terminal. (FM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00