Bupati Beri Pesan Bagi Warga Kebumen Yang Tetap Mudik Lebaran

KBRN, Kebumen: Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengambil kebijakan terkait larangan mudik oleh pemerintah. Meski larangan tersebut merupakan kebijakan pusat, namun, apabila ada masyarakat yang sudah terlanjur kembali ke kampung halaman, atau karena suatu alasan harus mudik, maka menjadi kewenangan daerah untuk memastikan keselamatan warganya. 

Bupati mewajibkan perantau yang pulang tersebut untuk melakukan isosali dulu dirumah selama 4 hari.

"Kepada Kepala Desa kami minta untuk bersama sama mengimbau masyarakatnya jika ada yang pulang dari perantauan, agar melakukan isosali dulu dirumah selama 4 hari. Pastikan selama (isolasi) itu kondisi kesehatannya stabil dan tidak boleh keluar rumah. Ini penting, agar kasus covid 19 di Kabupaten Kebumen tidak kembali naik," kata Bupati usai melaksanakan Sholat Taraweh silaturahim (Tarhim) di Masjid Al Muttaqin Desa Mangunranan Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Sabtu malam (17/4/2021).

Terkait pelaksanaan sholat Idul Fitri nanti, Bupati meminta agar dilaksanakan dengan penerapan protkes dan hanya untuk masyarakat lokal saja. Termasuk tradisi Halal Bihalal atau berkunjung ke satu sama lain agar tidak abai dengan situasi pandemi.

"Lebaran tahun ini jangan terlalu euforia, apalagi langsung grudugan ke obyek wisata. Ini jangan. Berkaca dari negara India yang saat ini mengalami peningkatan kasus covid yang cukup drastis, dan bahkan DKI juga mengalami peningkatan sekitar 200 kasus,"imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati Kebumen mengajak masyarakat yang tidak mudik, untuk memafaatkan teknologi melalui aplikasi ponsel sebagai sarana komunikasi dan bersilaturahmi. Bisa dengan cara Video Call maupun aplikasi lainya. 

Disampaikan Bupati, kegiatan Sholat Taraweh di masjid-masjid di Kebumen dinilai telah melakukan penerapan protokol kesehatan secara baik. Termasuk di Masjid Al Muttaqin, dan ini harus terus ditingkatkan.

Tarhim juga dihadiri Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Kebumen, Drs. Asep Nurdiana, Plt Asisten 1 Amin Rachman Nuroshid, Kabag Kesra Wahib Tamam serta Fokropimcam dan pemerintah Desa setempat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00