Senyum Petani Kalinusu Brebes Punya Jalan Baru Hasil TMMD Reguler

KBRN, Brebes:  Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, melalui program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, membuat para petani di desa tersebut merasa senang karena kini mereka dimudahkan akses jalan untuk mengolah sawah dan pengangkutan saat panen nantinya.

Jalan yang dibangun tersebut letaknya memang membelah areal persawahan mulai dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri, sehingga banyak persawahan di sekitar jalan tersebut, terakses.

Seperti dikemukakan Dessi (23), petani asal Dusun Karanganyar RT/RW. 01, Kalinusu, yang menyatakan terbantu akses jalan baru, dimana dirinya kini lebih dekat apabila hendak ke sawah, karena letaknya di pinggir jalan yang dibangun melalui TMMD itu. Selasa (27/10/2020).

“Senang sekali pak. Ya seperti sekarang ini, saya baru mencabuti rumput dan sebentar lagi akan mengadakan pemupukan, sehingga adanya jalan tersebut sangat membantu sekali,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan adanya infrastruktur jalan baru itu, menjadi penyemangat 1.292 petani dan 2.028 buruh tani di desanya, untuk memulai pengolahan lahan sawah yang dulunya banyak ditelantarkan di sekitar sepanjang jalan TMMD itu, karena kesulitan air dan dulu jika dipaksanakn digarap ongkos angkut pupuk maupun pengangkutan hasil panen lebih mahal daripada hasilnya.

“Dulu ongkos membayar kuli pikul per karungnya antara 40-50 ribu, tergantung jarak. Kini kami bisa mengangkutnya sendiri dengan sepeda motor ataupun gerobak,” tandasnya.

Untuk itulah dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda, TNI, dan seluruh pihak yang telah mewujudkan harapan seluruh warga Kalinusu, termasuk seluruh warga Dusun Kedung Kandri yang kini terbebas dari keterisoliran puluhan tahun.

Pasalnya, kini dengan adanya akses jalan itu, masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali dengan naik perahu untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desa/kecamatan tetangganya, Bantarkawung.

Mereka kini bisa mendapatkannya di wilayah desanya Kalinusu, dan desa tetangganya, Desa Kaliwadas dan Desa Bumiayu, dengan langsung melewati jalan TMMD dalam waktu 5 menit menggunakan sepeda motor, sedangkan anak-anak sekolah 8-10 menit dengan sepeda kayuh. (Rus/Aan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00