Setelah Jalan TMMD Reguler Brebes Jadi, Perekonomian di Kalinusu Mulai Menggeliat

KBRN, Brebes: Setelah jalan di desanya selesai dibangun TNI melalui gelaran TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, kini aktivitas warga juga mulai lancar.

Khoerunisa (30), warga Dukuh Beji RT. 03 RW. 01, Kalinuus, yang sehari-hari sebagai pedagang, menyatakan bahwa saat ini dunia usaha di desanya mulai maju.

“Jalan baru hasil TMMD itu, mulai membuat dunia usaha di Kalinusu mulai menggeliat. Hal itu lantaran, aktivitas warga sudah lancar. Seperti petani semakin mudah saat akan beraktivitas ke sawah dan warga dari luar juga akan dimudahkan saat keluar masuk Kalinusu,’’ ungkapnya, Senin (26/10/2020).

Sebagai warga, Khoerunisa mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah dan TNI, serta seluruh pihak yang telah membantu pembangunan jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, yang membentang dari dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri, sehingga kini sangat membantu warga untuk melakukan aktifitas dalam banyak hal.

Untuk menangkap peluang itu, Khoerunisa sudah mulai membesarkan usaha toko kelontongnya, yakni dengan melengkapi jenis dagangan yang ada di warung kelontong nya.

Dia membenarkan, bahwa jalan yang dibangun Tentara bersama warga di desanya itu tembus hingga ke Dukuh Kedung Kandri, sehingga, lalu lintas di Kalinusu menjadi ramai. Warga dari Kedung Kandri sendiri sudah mulai lancar beraktivitas, mereka sudah bisa langsung ke dukuh pedukuhan yang ada di Kalinusu.

Khoerunisa dengan telah jadinya jalan TMMD, kiranya perlu ada lanjutan program pembangunan jalan lagi di desanya, yakni pembukaan ruas jalan hingga ke Dukuh Maribaya, Kalinusu, yaitu pembukaan jalan dengan membelah perbukitan sepanjang 4-5 kilometer menuju ke sana, mulai dari titik 800 meter jalan TMMD.

“Kasihan juga, masih ada satu pedukuhan di Kalinusu yang terisolir yakni, Dukuh Maribaya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Dusun Maribaya, Desa Kalinusu, terisolir jarak 18 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit, karena harus memutar melewati sejumlah desa di wilayah Kecamatan Tonjong, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, baru akhirnya tiba di Kalinusu. (Dar)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00