Senang dan Sedih Perasaan Warga Desa Kalinusu Ditinggal Satgas TMMD Kodim Brebes

KBRN, Brebes: Adalah Rosidah (39), warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, juga menyatakan senang dengan hasil dari pekerjaan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes di desanya itu.

Namun semenjak TMMD resmi ditutup pada 21 Oktober 2020 lalu, warga pun merasa kehilangan atas kepergian banyak tentara dari desanya. Kondisi seperti ini membuat warga kini merasa kesepian.

“Iya saya dan warga lain merasa kesepian karena ditinggal pak tentara, habisnya pak tentara itu ramah-ramah dan kadang pandai ngelucu tidak segarang pada saat di TV. Tapi Alhamdulillah sekarang desa saya punya jalan bagus tidak seperti dulu hanya jalan setapak dan pematang sawah,” terangnya, Senin (26/10/2020).

Tidak hanya digunakan untuk melintas saja, namun jalan ini juga untuk aktivitas untuk mengangkut hasil tani bahkan banyak juga warga yang mendorong gerobak berisi rumput pakan ternak.

Seperti yang diketahui, Pemerintah menggelontorkan dana 1,09 miliar rupiah dalam TMMD Kalinusu yang mempunyai sasaran fisik berupa jalan tembus sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri.

Dan membangun 3 unit plat deker, 1 unit gorong-gorong, 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan membangun talud dengan panjang 2,7 kilometer.

Dengan program pembangunan ini diharapkan masyarakat dapat menikmati secara merata sampai pelosok, sehingga roda perekonomian bisa berjalan baik. Pengembangan daerah kampung-kampung yang terisolir menjadi bagian penting untuk membantu pemerintah daerah mengentaskan ketertinggalan dan mengurangi angka kemiskinan. (Rus)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00