Sumur Bor Improvisasi Warga Kalinusu Dukung TMMD Reguler Brebes

KBRN, Brebes: Segala upaya dilakukan masyarakat Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk mendukung Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, menyelesaikan pembangunan infrastruktur di desa mereka, yaitu jalan tembus untuk membuka ketirisoliran 100 KK di Dusun Kedung Kandri, Kalinusu.

Khusus untuk memenuhi kebutuhan air sebagai bahan utama pembangunan jalan beserta sarana pendukungnya, yaitu talud, plat duiker, dan gorong-gorong, mereka menggali sumur bor.

Dijelaskan Kadus Karanganyar, Desa Kalinusu, Mukhsinin (41), letak pembangunan jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter dan beberapa sasaran fisik yang lainnya memang jauh dari sumber air, sehingga diperlukan upaya khusus untuk memenuhinya.

“Pihak desa mengupayakan sumur bor di dengan lokasi pembangunan, dan kemudian ditarik dengan mesin pompa ke lokasi pekerjaan,” ungkapnya, Sabtu (25/9/2020).

Menurutnya juga, setelah infrastruktur tersebut selesai, sumur-sumur bor itu nantinya dapat dimanfaatkan petani setempat untuk mengaliri air sawahnya.

“Mudah-mudahan perjuangan kami bersama TNI, akan membuat warga Kalinusu menjadi lebih sejahtera lagi,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sasaran fisik TMMD Reguler di Kalinusu meliputi pembukaan dan pembangunan jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter, pembangunan talud di kanan kiri jalan setinggi 0,5 - 1,5 meter, gorong-gorong 1 unit dengan volume 4 x 1 meter, dan 3 plat duiker.

Sementara untuk sasaran tambahannya adalah rehab RTLH sebanyak 5 unit masing-masing Rp. 10 juta, dan pembuatan MCK semi permanen dengan 4 closet dan 1 kamar mandi di pinggir Lapangan Sepakbola Kalinusu. (Rus/Aan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00