Rapid Test Serentak, 6 Orang Pengunjung Mall di Bumiayu Brebes Reaktif Covid-19

KBRN, Brebes: Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar rapid test secara serentak terhadap puluhan pengunjung pasar tradisional dan sejumlah mall di 8 lokasi di 4 Kecamatan, yakni Kecamatan Brebes, Ketanggungan, Bumiayu dan Kecamatan Banjarharjo (28/5/2020).

Secara umum pengambilan sampel di setiap lokasi dilakukan secara acak terhadap 40 orang pengunjung termasuk karyawan Jogja Mall.

Dari upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Brebes ini, 6 orang dinyatakan reaktif yang berasal dari pengunjung Mall/Toserba Jadi Baru Bumiayu.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Ismawan Nur Laksono menyatakan bahwa pemeriksaan di tempat keramaian warga di Bumiayu itu dilakukan untuk deteksi dini penyebaran virus corona.

“Dari hasil rapid test di dua lokasi ini hasilnya enam orang reaktif,” ujarnya.

Selanjutnya untuk mereka yang reaktif akan ditindaklanjuti dengan karantina mandiri, diberikan vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selanjutnya, petugas akan melakukan tracing terhadap keluarga dan orang-orang yang kontak langsung dengan mendatangi rumah masing-masing. Sedangkan tahap selanjutnya adalah pengambilan sampel untuk test swab PCR untuk memastikan positif covid-19 atau tidak.

Sementara disampaikan Danramil 08 Bumiayu melalui Serma Bambang, selain pegawai dan pengunjung pasar dan mall, sejumlah pemudik yang hendak balik ke Jakarta juga ikut mendaftarkan diri mengikuti rapid test untuk mendapatkan surat keterangan sehat atau bebas corona.

“Petugas medis dari Satgas Covid-19 Puskesmas Bumiayu menyarankan mereka untuk menjalani rapid test di RSUD Bumiayu untuk mendapatkan surat keterangan bebas corona,” Jumat pagi (29/5/2020).

Ditambahkannya, rapid test dipimpin langsung Kepala Puskesmas Bumiayu dr. Ali Budiarto dan Kepala Puskesmas Tonjong dr. Ida Rohkmawati.

“Dengan adanya wabah pandemi covid-19 yang berdampak terhadap seluruh elemen masyarakat ini, pemerintah berharap agar masyarakat mematuhi kebijakan atau berdisiplin tinggi untuk segera memutus rantai penyebaran virus sehingga seluruh kegiatan masyarakat normal kembali,” pungkasnya.

Untuk diketahui, di Kecamatan Brebes rapid test dilakukan kepada 80 orang di Pasar Induk dan Yogya Mall Brebes dengan hasil non reaktif/negatif. Di Kecamatan Ketanggungan dilakukan di

Untuk di Kecamatan Losari dilakukan di Jogja Mall Losari terhadap 40 orang pengunjung dan pelayan dengan hasil negatif. Untuk di Kecamatan Banjarharjo dilakukan di Pasar Banjarharjo dengan hasil 40 pedagang pasar negatif.

Untuk di Kecamatan Ketanggungan dilakukan terhadap 80 orang pengunjung di Pasar Ketanggungan dan Yogya Mall Ketanggungan dengan hasil semuanya negatif. (Aan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00