Sosialisasi Kabupaten Tegal Bebas Knalpot Brong, Gandeng Komunitas Motor

KBRN, Slawi: Kepolisian Resor Tegal melalui jajaran Satuan Lalu Lintas terus menggecarkan sosialisasi tentang tertib Lalu Lintas, dan kampanyekan kota Slawi bebas dari Knalpot brong. 

Hal tersebut merupakan atensi langsung dari Kapolda Jateng untuk mewujudkan Jawa Tengah dan Kabupaten Tegal yang aman dan nyaman bebas dari suara berisik knalpot brong. 

Salah satu yang dilakukan dengan pembinaan dan penyuluhan kepada komunitas club motor yang ada di kabupaten Tegal, yang dilaksanakan hari jum'at (28/1/2022) sore, di ruang Sarpras SIM Mapolres Tegal.

Kasatlantas Polres Tegal AKP Dwi Himawan Chandra yang memimpin Kegiatan sosialisasi tertib lalu Lintas mengatakan, pihaknya mengumpulkan perwakilan komunitas club motor yang ada di Kota Slawi, Kabupaten Tegal,  guna memberikan  pembinaan tertib Lalu Lintas dan penyuluhan tentang Larangan penggunaan Knalpot brong, yang menggganggu ketertiban lingkungan masyarakat. 

Kasat Lantas AKP Dwi Himawan Chandra didampingi Kanit Kamsel Ipda Pana Wiyarsa, dan juga Kanit Gakkum Iptu Teguh Wartawan membeberkan, untuk mewujudkan Kota Slawi dan wilayah Kabupaten Tegal bebas knalpot brong Satlantas Polres Tegal terus bersinergi dengan berbagai pihak.

Dikmas Lantas dan Penyuluhan terus dilakukan kepada berbagai lapisan masyarakat mulai dari para pelajar, komunitas club motor serta komunitas masyarakat lainnya.

"Penindakan terus kita lakukan, tentunya dengan tegas dan humanis. Alhamdulilah sambutan masyarakat baik, bahkan mendukung agar kegiatan ini dilakukan berkelanjutan," jelas Kasatlantas. 

Selain penindakan, pihaknya juga menggencarkan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat. Salah satunya kepada anggota club motor yang ada di Kota Slawi. 

"Kami kumpulkan perwakilan dari komunitas club motor yang ada di Blora. Kita berikan pembinaan, dan kita berharap mereka bisa menjadi pelopor disiplin berlalu lintas," lanjutnya.

Maksud dari pembinaan dan penyuluhan tersebut adalah memberi pengertian kepada mereka bahwa penggunaan knalpot brong sangat meresahkan warga, selain itu juga tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan Lalu Lintas yang ada.

"Jadilah pelopor disiplin lalu lintas, sampaikan kepada teman ataupun saudara agar tidak menggunakan knalpot brong. Tentunya juga agar selalu disiplin dalam berlalu lintas dan protokol kesehatan. Karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19," tandasnya. 

Sementara itu Dewa Raditya dari Paguyuban Bikers Slawi yang menaungi 19 club motor di Slawi juga menanggapi positif kegiatan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Tegal.

"Pihaknya bersama teman teman komunitas motor akan berkomitmen untuk melaksanakan imbauan dari Satlantas dan akan berusaha untuk menjadi pelopor disiplin berlalu lintas, termasuk dengan adanya larangan penggunaan Knalpot brong."

Disamping itu Paguyuban Bikers Slawi di masa pandemi Covid-19 ini juga terus mengedapankan protokol kesehatan.

Tentunya ini kegiatan yang positif. Kami akan berusaha untuk menjadi pelopor, dan akan kami ajak rekan rekan kami untuk selalu tertib dan disiplin dalam berlalu lintas," kata Dewa Raditya. ( AR) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar