Antisipasi Penyebaran Covid-19, Desa Mulyoharjo Pagerbarang Lakukan Karantina Wilayah

KBRN, SLAWI: Mengantisipasi penyebaran Covid-19 diwilayah  Desa Mulyoharjo, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, dilaksankan pengetatan di sejumlah  wilayah. Dari 28 pintu masuk ke desa, 22 diantaranya ditutup portal bambu. Sedangkan 6 pintu lainnya dibuka, namun dijaga tim satgas covid desa. 

" Dari 28 jalan masuk ke desa, kami tutup yang dibuka hanya enam pintu. Jadi ada dua puluh jalan yang kami tutup. Ada enam posko PPKM untuk satu desa Mulyoharjo,"  ujar Kepala Desa Mulyoharjo, Abdul Basir, Minggu pagi, 20 Juni 2021.

Setiap kendaraan yang masuk ke lingkungan desa disemprot desinfektan. Sedangkan penumpangya diminta mencuci tangan ditempat yang telah disediakan. Selain itu, semua warga yang berada dilingkungan desa wajib mematuhi protokol kesehatan.

"Untuk aturannya kami mengikuti protokol kesehatan dari gugu covid, bahwa semua tamu yang masuk harus pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun. Kendaraan juga disemprot desinfektan," tambah  Basir.

Pengetatan wilayah di desa Mulyoharjo dilakukan bukan karena ada warga desa yang terpapar covid-19 tapi karena posisi desa Mulyoharjo saat ini dikepung desa-desa lain berzona merah. Oleh karenanya perlu dilakukan karantina wilayah untuk melindungi warga desa, dan menjaga ratusan UMKM makan ringan yang di desa Mulyoharjo agar tidak tutup karena penularan corona.  

"Karena perkembangan (covid) di desa desa tetangga itu sudah luar biasa. Kami untuk melindungi home industri yang ada di Mulyoharjo sehingga kami harus lebih ketat dari desa-desa yang lain," Basir.

Basir mengatakan, enam warganya sempat terpapar covid, namun saat ini sudah bebas dari covid setelah menjalani isolasi mandiri dan perawatan di rumah sakit. 

"Kalau positif ada. ada 2 orang sempat opname di rumah sakit sekarang sudah sembuh. Yang 6 warga lain juga positif isolasi mandiri."pungkasnya.

Diharapkan warga desanya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, baik saat diluar rumah dan berada dilingkungan RT,/RW . ( AR) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00