Tersambar Petir KM Kartika Jaya Terbakar, Damkar Cilacap Padamkan Api Menggunakan Foam

Damkar Cilacap lakukan pemadaman KM Kartika Jaya yang terbakar akibat tersambar petir, Rabu (17/2/2021)

KBRN, Cilacap : Hujan deras disertai dengan petir melanda wilayah Cilacap pada Selasa (16/2/2021) malam. Menyebabkan sebuah kapal motor (KM) Kartika Jaya yang berada kolam dermaga II Pelabuhan Samudra Cilacap terbakar sekitar pukul 22.00 WIB.

Petir menyambar ke antena radio di kapal yang berukuran 30 GT ini, dan selanjutnya menyambar ke bagian lain. Terutama pada bagian belakang, bahan bakar.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Cilacap, Supriyadi mengatakan jika setelah adanya laporan kebakaran, pihaknya langsung melakukan pemadaman kebakaran.

Mencegah api menjalar ke kapal lainnya, kapal tersebut dikeluarkan dari dermaga II Pelabuhan PPS, dengan ditarik menggunakan KM Hasil Melimpah 32. Selain itu juga untuk mempermudah penanganan kebakaran.

“Kami melakukan pemadaman sejak pukul 20.05 WIB sampai dengan pukul 5 pagi,” ujarnya di lokasi kejadian.

Akan tetapi api kembali menyala kembali sekitar pukul 7.00 WIB. Sehingga pemadaman kembali dilakukan oleh damkar Cilacap.

“Masih ada sisa bahan bakar, sehingga api kembali menyala, pemadaman sedikit mengalami kendala, karena sumber api dari bahan bakar yang ada di kapal, perlu pemadaman secara khusus dengan menggunakan foam,” katanya.

Kapal dengan  ukuran 30 Gross ton ini merupakan milik Jingga Suganda atau Among, warga Tegalreja Cilacap. Dikatakan jika kapal sedang bersandar, dan baru akan kembali melaut dua hari kedepan.

“Semalam terbakar di dalam, lalu sekitar satu jam lebih ditarik biar menjaga (kapal) yang lainnya, kosong belum ada apa-apa, cuman perbekalan ada sekitar 1 atau 2 ton,” katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, dan diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00