Indonesia Power dan ACT Purwokerto Latih Desa Siaga Bencana

KBRN, Cilacap : Indonesia Power PLTU Adipala dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Purwokerto menggelar pelatihan dan simulasi kebencanaan demi membentuk desa yang tanggap dan siaga apabila bencana terjadi.

Pelatihan dan Simulasi Desa Siaga Bencana itu dilaksanakan di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap, Jumat (27/11/2020). Kegiatan dibuka langsung oleh GM dari Indonesia Power PLTU Adipala, Kukuh Pambudi dengan didampingi Kepala Cabang ACT Purwokerto, Andi Rahmanto. Hadir pula jajaran forkompimcam dari kecamatan setempat.

Bagian Marketing dan Komunikasi ACT Purwokerto, Venatan Pramudio mengatakan tujuan dari kegiatan simulasi tersebut yakni untuk menyiapkan relawan desa yang tanggap saat berhadapan dengan bencana.

“Beberapa titik di Cilacap termasuk daerah rawan bencana. Potensi bencana disini itu ada tsunami, banjir, banjir bandang, kemudian tanah longsor dan juga gempa bumi tektonik,” ujarnya.

Tidak hanya teori, peserta juga langsung dibekali dengan praktek untuk melakukan penanganan bencana seperti water rescue dan fire rescue.

“Mengingat Cilacap merupakan daerah yang rawan banjir dan tsunami, maka peserta dibekali pelatihan water rescue, bagaimana cara menyelamatkan korban yang mengalami kecelakaan air atau menjadi korban banjir. Kemudian dilatih teknik dasar tentang fire rescue atau penyelamatan pada saat terjadi kebakaran,” terang Venatan.

Ada 35 orang peserta yang berasal dari desa yang ada di wilayah Adipala mengikuti kegiatan tersebut. Pada saat praktek berlangsung, tim Rescue ACT ikut mendampingi para peserta demi keamanan mereka.

Mereka juga difasilitasi dengan Perahu Karet, Live Jacket atau Pelampung, serta Helm. Total ada tiga orang instruktur dari Disaster Management Institut of Indonesia (DMII-ACT) yang memberikan pelatihan pada peserta. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00