Ribuan Rumah di Kroya, Terendam Banjir

Proses evakuasi warga Mujur Lor

KBRN, Cilacap : Hujan deras melanda wilayah Banyumas dan Cilacap Senin Malam  – Selasa Pagi ( 26-27/10/2020),  menyebabkan ribuan rumah di Kecamatan Kroya Cilacap terendam banjir. 

Salah satu wilayah yang terparah yang terendam banjir yakni Desa Mujur Lor. Warga  RT 1 RW 3 Desa Mujur Lor Ahmad Arifin mengatakan banjir mulai melanda rumahnya sejak Senin malam sekitar pukul 21. 00 WIB. 

Karena kondisi banjir tidak surut bahkan air semakin naik mencapai sekitar 1 meter di dalam rumahnya. Sehingga dirinya memutuskan untuk mengungsi, karena mengkahwatirkan tiga anaknya yang masih balita bisa hayut. 

Rencanya Arifin akan mengungsi ke rumah orang tuanya yang berada di Kebumen.

“ Ini mau mengungsi ke Kebumen, kerumah orang tua. Banjir semakin masuk kedalam rumah, untuk saya saja sampai ke lutut, belum diluar rumah sangat membahayakan,”” kata Arifin.

Sementara itu relawan kebencanaan dari MDMC Cilacap Ahmad Dwiyantono mengatakan, karena air semakin tinggi dan membahayakan keselamatan warga maka dilakukan evakuasi. 

Dengan mempergunakan tiga perahu karet, warga yang rumahnya terendam banjir dievakusi, untuk dibawa ke tempat pengungsian.Dari pendataan hingga Selasa pukul 09.00 WIB di Desa Mujur Lor terdapat 1.500 jiwa yang terdampak banjir,  sudah sebanyak 120 orang yang diungsikan ke tiga tempat pengungsian. 

“ Sudah ada tiga tempat pengungsian, data kami saat ini ada 120 orang yang telah diungsikan. Untuk melakukan evakuasi harus mempergunakan perahu, juga ada warga yang membuat perahu dari pohon pisang untuk evakuasi,”kata Dwiyantono.

Pantuan RRI di Desa Karangjati Kecamatan Kroya, juga terendam banjir. Dari keterangan Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Karangjati Solehan terdapat 500 rumah yang terendam banjir, warga yang diungsikan baru sektar 35 rumah. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00