Desa di Cilacap Manfaatkan Sisa Galian Tambang Untuk Budidaya Ikan Nila

KBRN, CILACAP : Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA ) Cilacap yang berhasil lolos Progam Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) mengadakan workshop dengan tema “Pemanfaatan Sisa Galian Tambang untuk Budidaya Ikan Nila di Desa Welahan Wetan”.

Kegiatan yang diselenggarakan beberapa waktu lalu tersebut  berlangsung di Aula Gedung Balai Pertemuan Desa Welahan Wetan Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap dan dihadiri pihak dinas perikanan Sutarmi, S.Tr.Pi (penyuluh perikanan bantu), Wahyu Imam Santosa, S.Pt. (pelaksana budidaya), Sutirno,S.Pi.M.Si (Ka.UPTD TPI Cilacap), Ruruh Murtiasih. SE.MM (bidang budidaya dari dinas), Kepala Desa Welahan Wetan, Riyanti dan Ketua Budidaya Ikan Desa Welahan Wetan beserta seluruh peserta lain dengan jumlah total 30 0rang.

“Harapan saya kepada peserta pelatihan, pelatihannya yang serius. Agar dapat bermanfaat untuk diri sendiri maupun bermanfaat untuk masyaraka Welahan Wetan. Semoga dapat berkembang seterusnya dan meningkatkan perekonomian di Welahan Wetan,” kata Kades Welahan Wetan, Riyanti.

Perwakilan dosen UNUGHA, Yusuf Hasan Baharudin,M.Pd. berharap setelah program tersebut dan para peserta mendapatkan bibit ikan nila, nantinya bisa berlanjut secara mandiri.

“Dari UNUGHA hanya stimulant saja. Insya Allah siap untuk mendampingi nanti dengan bermitra dengan Dinas Perikanan demi kemajuan warga Desa Welahan Wetan dengan harapan menjadikan hasil budidaya tersebut bibit unggul,” imbuhnya.

Pengisi materi kegiatan tersebut, Sutirno memaparkan materi tentang  teknik pembesaran ikan nila, pemilihan benih, transportasi benih, dan penebaran benih.

Selain itu juga dibahas terkait pembenihan dan cara pembibitan yang baik seperti mengenal asal induk, jenis pakan, dan obat yang di gunakan.

“Dengan demikian nantinya akan memperoleh benih yang baik dan sehat,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim PHP2D  UNUGHA, Burhan Purnomo mengharapkan partisipasi masyarakat Desa Welahan Wetan untuk mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata serta mengembangkan kegiatan yang telah dirintis masyarakat menjadi lebih berkembang dan bermanfaat.

“Sehingga nantinya dapat ikut mewujudkan ketahanan nasional di wilayah Republik Indonesia. Saya berharap bersama teman-teman mahasiswa pelaksana PHP2D ini mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera,” pungkasnya. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00