Susah Jaringan Internet, Pelajar di Dayeuhluhur Belajar di Polsek

Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya meninjau Rumah Daring Polsek Dayeuhluhur

KBRN, Cilacap : Letak geografis Kecamatan Dayeuhluhur bergunung-gunung, sehingga menyebabkan sulitnya akses internet di wilah tersebut. Ketersediaan internet menjadi salah satu kendala pelaksanaan belajar daring di sejumlah wilayah. Terutama daerah-daerah yang susah jarigan internet.

Salah satunya di wilyah Kecamatan Dayeuhluhur, dimana letak geografisnya bergunung-gunung. Hal ini menyulitkan para siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Membantu para siswa yang kesulitan belajar daring, Polsek Dayeuhluhur menyediakan ruangan khusus bagi siswa untuk belajar dengan fasilitas internet gratis.

Setiap hari, minimal ada sekitar sepuluh orang siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang belajar di rumah daring. Ruangan dengan fasilitas internet tersebut memanfaatkan ruang perpustakaan atau Rumah Semar.

Siswi kelas XII di SMA Negeri 1 Dayeuhluhur Wina mengaku mengalami kendala saat harus belajar secara daring di rumah. Pasalnya, jaringan internet di rumahnya tidak lancar, sehingga seringkali menghambat pembelajaran.

"Belajar di Rumah Daring ini sangat membantu saya yang kadang kesusahan sinyal sata belajar daring di rumah," katanya.

Sama halnya dengan Ridho Negara siswa SMP N 1 Dayeuhluhur mengatakan jika selama ini kesulitan kuota internet untuk belajar daring. Sehingga, dia dan beberapa temannya biasanya belajar berkelompok, untuk belajar daring bersama.

"Biasanya satu kelompok lima orang, bergantian, karena ngga punya kuota. Dengan adanya rumah daring ini sangat membantu, ada wifi gratis, jadi tidak usah lagi gantian," katanya.

Setiap pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB, dia bersama dengan beberapa temannya yang juga kesulitan belajar karena akses jaringan internet, akhirnya belajar di Polsek Dayeuhluhur.

Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya mengatakan jika Rumah Daring ini untuk membantu para pelajar yang kesulitan mengakses internet untuk belajar, baik karena tidak ada kuota maupun tidak ada jaringan internet di wilayahnya.

"Kita mengetuk hati kapolsek untuk peduli, di situasi covid seperti saat ini masih ada masyarakat yang mengalami kesulitan dalam akses internet, kuota atau sinyal internet, untuk itu Rumah Daring ini juga akan dibuat di masing-masing Polsek, untuk membantu pelajar yang kesulitan internet untuk belajar," katanya. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00