Hari Pertama Penyaluran, 8.174 KPM Terima JPS

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menyerahkan bansos daei APBD Cilacap kepada KPM, Senin (10/8/2020)

KBRN, Cilacap : Penyaluran bantuan sosial jaring pengaman sosial dari anggaran Pemerintah Kabupaten Cilacap mulai disalurkan pada Senin (10/8/2020). Ada sebanyak 55.444 keluarga penerima manfaat (KPM) yang mendapatkan bansos dari APBD Cilacap ini.

Penyaluran pada hari dilaksanakan di tiga kecamatan yakni Dayeuhluhur, Wanareja dan Majenang. Secara simbolik, diserahkan oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman.

Dari tiga kecamatan tersebut, ada sebanyak 8.174 KPM, yang menerima bansos. Dengan total anggaran sekitar Rp 3 miliar lebih.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Taryo mengatakan pembagian bansos dilakukan mulai Senin (10/8) sampai Rabu (19/8) di masing-masing kelurahan dan desa.

Bansos ini akan dibagikan kepada masyarakat selama tiga bulan, yakni Bulan Juli, Agustus dan September. Masing-masing keluarga penerima manfaat mendapatkan Rp 200 ribu per bulan.

"Pada pencairan pertama, dibayarkan sekaligus dua bulan, yakni Bulan Juli dan Agustus. Sedangkan Bulan September akan dibayarkan di bulan tersebut," ujarnya.

Para penerima Bansos JPS APBD dipastikan belum menerima manfaat bantuan sosial lainnya, seperti PKH, BPNT, Bantuan sosial tunai dari Kemensos, BLT dana desa, maupun bantuan dari provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman berharap agar bansos tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat. Serta bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari.

"Harapannya bansos ini digunakan untuk membeli kebutuhan sembako, untuk memperkuat ketahanan pangan, agar mereka sehat, sehingga bisa melawan corona," ujarnya. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00