Senin, 55.444 Warga Cilacap Terima Bansos JPS APBD 

KBRN, Cilacap : Jaring Pengaman Sosial (JPS) Bantuan Langsung Tunai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Cilacap akan dibagikan mulai Senin (10/8/2020). Pembagian akan di lakukan di masing-masing desa/kelurahan secara bertahap.

"Ada sebanyak 55.444 keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan menerima JPS dari Pemkab Cilacap," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Taryo, Jumat (7/8/2020).

Pembagian akan dilakukan mulai Senin (10/8) sampai Rabu (19/8) di masing-masing kelurahan dan desa. Masing-masing penerima manfaat akan mendapatkan sebesar Rp 200 ribu per bulan, selama tiga bulan.

"Untuk pembayaran Bulan Juli dan Agustus dirapel, dan untuk Bulan September dibayarkan nanti di bulan itu," katanya.

Data para penerima akan diumumkan di masing-masing desa/kelurahan, selanjutnya akan mendapat surat undangan untuk jadwal menerima. 

Para penerima nantinya dihimbau untuk datang sendiri membawa KTP dan juga Kartu Keluarga. 

Beberapa saat lalu, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman mengatakan Pemkab Cilacap menyiapkan sebesar Rp 87 miliar untuk bansos JPS. Jumlah usulan dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Perhubungan, Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, ada sekitar 65 ribu penerima. 

Verifikasi dilakukan untuk memastikan bahwa penerima manfaat tidak menerima bantuan sosial lainnya, seperti PKH, BPNT, Bantuan sosial tunai dari Kemensos, BLT dana desa, maupun bantuan dari provisi Jawa Tengah. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih bantuan. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00