Tingkatkan Literasi Warga Lewat Pojok Baca

Obrolan Santai Berkualitas (Obras) yang digelar oleh Komunitas SNT bersama Karang Taruna RT 1 RW 13 Keluarahan Tegalkamulyan, untuk mendorong gerakan literasi, Rabu (8/7/2020)

KBRN, Cilacap : Komunitas Satria Nhsakambangan Team (SNT) menunjukan kesungguhannya untuk meningkatkan semangat dan kebiasaan membaca masyarakat. Bersama dengan Karang Taruna Unggul Kusuma RT 1 RW 13 Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan, mereka mendorong masyarakat agar memiliki pojok baca di setiap rumah.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator SNT Mohamad Hanazil pada kegiatan Obrolan Santai Berkualitas (Obras) yang digelar pada Rabu (8/7/2020) malam di Jalan Setiabudi. Obras ini juga menghadirkan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, pegiat literasi Wirendra Tjakrawerdaya, dan Reska Nespandela.

"Melalui Obras ini kami ingin bagaimana masyarakat cinta terhadap dunia literasi. Kegiatan ini berhasil ketika ditiap rumah orang yang datang ada pojok baca," ujarnya.

Pojok baca ini, kata dia berupa rak berisi buku, sebagai upaya belajar mencintai buku. Karena, menurutnya masih banyak rumah yang belum memiliki pojok baca di rumah.

"Kalau dilihat banyak rumah yang tidak punya buku bacaan, karena bukunya diloakkan, dibakar bahkan di jual. Kami ingin mereka belajar cinta literasi, karena melalui literasi maka peradaban abjad itu tetap terjaga, ketika peradaban abjad terjaga, maka orang akan berpengetahuan, jika orang berpengetahuan, maka sangat mungkin harmonisasi berjalan dengan baik," katanya.

Wabup Cilacap Syamsul Auliya Rachman mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Terutama karena untuk mendorong gerakan literasi di Cilacap.

"Saya sangat mengapresiasi, karena melalui Ngobras ini sebagai wadah gerakan literasi di masyarakat untuk membudayakan menulis dan membaca," katanya.

Pemerintah, juga telah melakukan berbagai upaya untuk menggerakan budaya literasi di masyarakat. Mulai dari membuat perpusdes, keranjang baca disetiap sekolah, Posyandu, PKK dan lainnya. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00