Pelaksanaan Pembangunan BPM Kotaku di Kelurahan Tambakreja Dimulai

Peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur berbasis Bantuan Pemerintah Masyarakat (BPM) program Kotaku dari PUPR, oleh Anggota DPR RI Novita Wijayanti di RW 5 Kelurahan Tambakreja

KBRN, Cilacap : Momentum penting bagi masyarakat di Kelurahan Tambakreja Kecamatan Cilacap Selatan. Pasalnya, pembangunan infrastruktur berbasis Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dimulai.

Ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat (IBM) oleh anggota DPR RI Novita Wijayanti pada Selasa (2/6/2020).

Askot Mandiri Nurdiyanto mengatakan jika dana BPM untuk Kelurahan Tambakreja sebesaf Rp 1 miliar. Dana tersebut sudah dicairkan ke rekening Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) baru sebesar 70 persen, atau Rp 700 juta. Serta ada tambahan dana sebesar Rp 10 juta yang digunakan untuk kegiatan pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) sebelum dana infrastrukur dilaksanakan.

"Anggaran BPM senilai Rp 1 miliar ini, digunakan untuk kegiatan penanganan kumuh yang ada Keluraban Tambakreja khususnya RT 02 dan RT 07 di RW V, dan dilaksanakan berbasis masyarakat atau secara swakelola," ujarnya.

Untuk itu masyarakat maupun KSM yang akan mengelola harus paham tentang tata caranya penggunaannya. Sehingga akan ada kegiatan pelatihan melalui dana PKM tersebut.

Anggota DPR RI Novita Wijayanti berharap agar kegiatan padat karya Program dari Kementrian PUPR ini dapat dilaksanakan dengan baik, meskipun saat ini dalam kondisi pandemi Covid 19.

"Saya berpesan agar nanti para pekerja tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, dan semoga kegiatan BPM dapat bermanfaat semaksimal mungkin untuk masyarakat Kelurahan Tambakreja," ujarnya.

Selain itu politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga berharap dana bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu membantu Kabupaten Cilacap dalam penanganan wilayah kumuh.

Kegiatan peletakan batu pertama, juga dihadiri oleh Ketua Forum Komunikasi antar Lembaga Keswadayaan Masyarakat, Koordinator LKM Kelurahan Tambakreja, perwakilan LPMK Tambakreja, Ketua RW Tambakreja dan KSM Pengelola Kegiatan BPM KOTAKU. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00