Pasokan Kurang, Harga Ikan Laut dan Cabai Meningkat

KBRN, Cilacap : Sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan di Pasar Gede Cilacap, Selasa (14/1/2020). Kenaikan signifikan terjadi pada cabai rawit.

Pedagang Pasar Gede, Sirin mengatakan untuk cabai rawit naik dari sebelumnya seharga Rp 56 ribu per kg, menjadi Rp 64 ribu per kg.

Sedangkan untuk harga lainnya seperti bawang putih kating masih tetap dikisaran harga harga dari Rp 33 ribu per kg, dan bawang merah masih pada harga Rp 28 ribu per kg.

Sama halnya dengan garga terong pada kisaran harga Rp 5 ribu per kg, kacang panjang dengan harga Rp 6 ribuper kg serta cabai merah Rp 50 ribu rupiah per kilogram.

"Hanya cabai rawit yang naik, lainnya masih stabil," ujar Sirin kemarin.

Kenaikan secara signifikan juga terjadi pada harga hasil tangkapan di laut. Diantaranya, cumi-cumi dari sebelumnya seharga Rp 40 ribu per kg, menjadi Rp 60 ribu per kg. Ikan kembung dari biasanya Rp 25 ribu perkilogram menjadi Rp 30 ribu per kg.

Udang lobster dari biasanya Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 50 ribu per kg, serta ikan kakap dark Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

"Ikannya lagi susah, jarang jadi harganya naik," kata Sumarsih pedagang ikan di Pasar Gede.

Kenaikan harga ini, kata dia sudah sejak awal tahun. Tingginya harha ikan, kata dia membuat konsumen berkurang, meskipun masih ada pelanggan yang membeli. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00