Jelang Natal dan Tahun Baru, Loka POM Banyumas Gencar Razia Makanan Tak Layak Konsumsi

KBRN, Cilacap : Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Banyumas, menjelang pelaksaan Natal dan Tahun 2020, intensifkan razia makanan tidak layak makan, tidak memilki ijin edar dan kadaluarsa. Setelah melaksanakan razia di Purwokerto Selasa (10/12/2019), 

Loka POM Banyumas, bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, melaksanakan pemeriksaan makanan di pasar tradisional dan supermarket di Kroya Cilacap Rabu (11/12/2019). 

Kepala Loka POM Banyumas Suliyanto mengatakan pihaknya menemukan sejumlah kopi kemasan yang sudah kadaluarsa. Kopi ini terselip disejumlah barang makana dalam kemasan lainya. Setelah menemukan kopi dalam kemasan yang sudah kadaluarsa ini, akhirnya pemilik mengaku akan memusnahkan. 

Suliyanto mengatakan pengawasan makanan dan minuman ini, akan terus dilakukan di wilayah kerjanya tidak hanya di pasar tradisional, namun juga pasar modern. 

Biasanya, menjelang perayaan kegamaan, makanan dan minuman membanjiri masyarakat. Sehingga Loka POM berkewajiban, melakukan pengawasan terutama di hulu, yakni pembuat, distributor dan di pasar. Rencananya setelah razia makanan dan minuman di Kroya, akan dilanjutkan di Banjarnegara dan Purbalingga.

“ Jumlahnya tidak terlalu banyak hanya sekitar delapan bungkus, juga diketemukan teh dalam kemasan yang kadaluarsa,”kata Suliyanto.

Sebelumnya Loka POM Banyumas, melakukan razia makanan di kota Purwokerto di salah satu pusat perbelanjaan modern. Hasilnya menemukan makanan kemasan yang sudah habis ijin edar, makanan dan minuman dalam kaleng dengan kondisi penyok. 

Sehingga pihaknya meminta kepada pemilik pusat perbelanjaan untuk menarik produk yang tidak sesuai dengan aturan. Demi menjaga kualitas makanan sesuai dengan standar kesehatan, bagi konsumenya. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00