1.276 Warga Binaan di Nusakambangan dan Cilacap Terima Remisi, Ada 48 Orang Langsung Bebas

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyerahkqn SK remisi pada napi di Lapas Cilacap, Rabu (17/8/2022)/Renny Tania

KBRN, Cilacap : Sebanyak 1.276 napi di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) yang ada di Nusakambangan dan Cilacap menerima remisi, dalam rangka Hari Kemerdekaan.

Remisi ini diserahkan langsung oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji didampingi Kalapas Kelas II B Cilacap Wisnu Hani Putranto usai Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, di alun-alun Cilacap pada Rabu 17 Agustus 2022.

Penyerahan remisi HUT RI ke 77 ini diberikan secara simbolis kepada enam orang narapidana dari Lapas Cilacap yang langsung bebas.

Koordinator Wilayah Pemasyarakatan Nusakambangan dan Cilacap, I Putu Murdiana mengatakan jika remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana dan anak didik Pemasyarakatan.

"Secara rinci dari sebanyak 1.276 orang narapidana yang memperoleh remisi, sebanyak 1.228 orang menerima Remisi Umum 1 dan 48 orang menerima Remisi Umum II atau langaung bebas," ujar Kepala Lapas Kelas 1 Batu Nusakambangan ini.

Sebanyak 48 orang yang langsung dibebaskan karena telah selesai menjalani masa pidana, 6 di antaranya dari Lapas Cilacap.

"Narapidana yang tidak memperoleh remisi adalah narapidana yang belum memenuhi persyaratan baik substantif maupun teknis misalnya, pidana mati, seumur hidup, yang belum menjalani 6 bulan masa pidana serta yang menjalani register F karena melanggar tata tertib," katanya.

Kegiatan Upacara dan penyerahan remisi juga dilaksanakan pada masing-masing Lapas baik di Nusakambangan maupun Cilacap.

I Putu mengatakan jika saat ini jumlah Warga Binaan di Pulau Nusakambangan sebanyak 2.334 orang dengan rincian pidana umum sebanyak 431 orang dan pidana Narkotika sebanyak 1.725 orang. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar