Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Resmikan Rumah Sakit Priscilla Medical Center

KBRN, Cilacap: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Jumat ( 1/7/2022) sing, meresmikan rumah sakit Priscilla Medical Center  (PMC ) yang terletak di Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. 

Airlangga mengatakan sebelum rumah sakit ini secara resmi melayani masyarakat Cilacap, Banyumas dan sekitarnya untuk berbagai jenis penyakit. PMC turut andil dalam pembrantasan Covid-19, terutama saat varian delta pertama kali diketumakan dari anak buak kapal yang bersandar di Tanjung Intan Cilacap. 

Saat kasus Covid-19 secara nasional mencapai puncaknya pada Mei- Agustus 2021, PMC berperan sebagai salah satu rumah sakit di Cilacap yang melakukan penanganan pasien Covid-19 terutama yang berasal dari Kabupaten Cilacap. 

Menurut Airlangga dengan adanya PMC di wilayah Sampang, dengan fasilitas medis yang modern akan berdampak positf terhadap kesehatan masyarakat Cilacap, Banyumas dan daerah di sekitar rumah sakit. 

“ Yang diharapkan oleh pendiri rumah sakit tentu bisa memberikan pelayana terbaik kepada masyarakat, ada 30 dokter spesialis. Tentu dengan adanya rumah sakit ini akan membawa masyarakat sehat dan sejahtera,” kata Airlangga.

Sementara itu, Pemilik PMC Jacobus Dwi Hartanto mengatakan rumah sakit ini dibangun untuk didekasikan kepada anak semata wayang yang bernama Priscilla,  yang meninggal dunia di usianya ke 15 tahun akibat penyakit. 

Ketabahan ketegaran dan kebaikan Priscilla dalam menghadapi penyakit yang dideritanya membuat, dirinya membuat rumah sakit ini untuk dapat membantu masyarakat yang membutuhkan penanganan medis. 

Meski PMC tergolong rumah sakit mewah, namun tetap memberikan pelayanan bagi pasien yang mempergunakan asuransi BPJS Kesehatan. Menurut Jacobus, terdapat 150 tempat tidur perawatan, terdapat 30 dokter spesialis dengan berbagai fasilitas pendukung. 

PMC ini dibangun diatas tanah seluas 11 ribu meter persegi, dengan biaya mencapai Rp150 miliyar.

“ Fasilitas yang ada diantaranya meliputi 150 tempat tidur rawat inap, 15 poli klinik umum, instalasi UGD, IGD, ruang operasi sebanyak tiga unit. Selain itu fasilitas pendukung baik medis, maupun non medis,” kata Jacobus Dwi Hartanto.

Selain Menko Perkonomian, saat peresmian hadir pula Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Bupati Cilacap, dan sejumlah anggota DPR RI dari Dapil Banyumas dan Cilacap. (RA).  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar