Penyebab Belum Diketahui, Kilang Cilacap Pastikan Perairan Area 70 Kembali Bersih dari Tumpahan Minyak

Warga ikut membersihkan tumpahan minyak di dermaga T batubara Pelindo Cilacap, Selasa (28/6/2022)

KBRN, Cilacap : PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Cilacap memastikan ceceran minyak di area perairan Cilacaptelah bersih.  Tim internal langsung turun untuk melakukan penanggulangan kejadian di sekitar Dermaga Wijayapura dan Area 70.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Kilang Cilacap, Cecep Supriyatna menyebutkan pasca ceceran minyak Senin sore (27/6/2022), pihaknya telah sigap melaksanakan prosedur penanggulangan melalui beberapa tahapan.

“Tim telah melakukan penanganan dan pembersihan di area tersebut. Tim masih terus kami kerahkan untuk memastikan kondisi perairan kembali bersih,” imbuh Cecep.

Diperkiarakan ada sekitar 1.900 liter minyak mentah yang tercecer di perairan Cilacap dari adanya aktivitas loading kapal tengker di Areal 70.

Langkah yang dilakukan Pertamina jika terjadi tumpahan minyak, akan dilakukan pembersihan, diawali dengan lokalisir menggunakan oil boom, lalu oil skimmer, dan terakhir menggunakan vakum untuk mengembalikan minyak ke tangka.

Cecep menjelaskan bahwa penyebab terjadinya ceceran minyak sampai saat ini dalam penelusuran dan melakukan investigasi.

“Karena peristiwa itu terjadi di area operasional kami, sehingga saat ini kami fokuskan dulu untuk segera melakukan pembersihan area perairan terdampak,” jelasnya.

Cecep menambahkan saat ini terus dilakukan upaya pembersihan sisa lapisan minyak yang tipis. Selanjutnya juga akan melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup.

"Kami terus lakukan monitoring untuk memastikan perairan segera kembali bersih," pungkasnya.

Sebelumnya ratusan warga ikut membersihkan tumpahan minyak yang tercecer di perairan Nusakambangan pada Selasa pagi. Warga memungut ceceran minyak menggunakan wadah ember.(RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar