Panen Karya Kreasi Diorama SMP N 7 Cilacap, 77 Karya Siswa Dipamerkan

Panen Karya Seni SMPP Negeri 7 Cilacap

KBRN, Cilacap : SMP Negeri 7 Cilacap, menggelar Panen Karya Kreasi Diorama, yang dilaksanakan di Aula lantai 2 Gedung pertemuan sekolah.

Karya yang dipamerkan merupakan bentuk kreativitas siswa dalam mempelajari mata pelajaran IPS. Ada sebanyak 77 stan karya seni diorama, dari hasil karya siswa kelas VII dan VIII.

Diorama yang dipamerkan bermaterikan Kehidupan Pra Aksara untuk kelas VII dan Kedatangan Bangsa Barat serta Perlawanan kepada kaum colonial untuk kelas VIII.

Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Mahmud Saefi mengapresiasi kepada Tim MGMP IPS SMP Negeri 7 Cilacap yang telah berani melakukan terobosan dan menginisiasi sebuah program dalam pembelajarannya, sehingga siswa semakin antusias dalam  belajar IPS.

“Saya berharap kegiatan yang dilakukan oleh MGMP IPS SMP Negeri 7 Cilacap ini dapat menginspirasi bagi MGMP Mata pelajaran untuk berlomba-lomba berkreasi memberikan layanan pembelajaran terbaik kepada para siswanya,” ujarnya.

Ketua MGMP IPS SMP N 7 Cilacap, Sigit Kindarto mengatakan kegiatan yang sudah dirancang sejak dua bulan lalu ini, sebagai salah satu bentuk penerapan pembelajaran yang berpihak kepada siswa.

Secara berkelompok siswa diberi kebebasan untuk menentukan bentuk, rancangan dan ide setelah memahami konsep dari materi pelajaran yang sudah dipelajari Bersama di kelas.

“Dengan kebebasan yang diberikan kepada siswa untuk berkreasi meski materi yang dipelajari sama tetapi hasil dalam pembuatan kreasi dioramanya dapat bervariasi. Terbukti dari 15 kelas yang ada tercipta 77 karya yang berbeda-beda dan sangat menarik. Rencananya, karya yang tersaji akan diberikan kesempatan untuk siswa SD yang terdekat untuk dapat melihat karya yang tercipta ini,” kata Sigit.

Niken Agati Widyaningsih dalam laporannya mengatakan jika tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman empiris kepada siswa untuk menerapkan pemahaman dari materi pelajaran. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkreasi dan mencipta karya sesuai dengan daya imajinya.

“Serta bisa membangun kolaborasi dengan berbagai pihak dalam mencipta karya, menjalin Kerjasama antar kelompok, melatih siswa agar mampu menyampaikan ide gagasannya dalam diskusi untuk mencapai kesepakatan bersama dalam mewujudkan karya, melatih dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berani melakukan narasi kepada para pengunjung panen karya,” katanya.

Panen Karya Kreasi Diorama ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Cilacap, Mahmud Saefidi dengan pemotongan pita. Selanjutnya ditampilkan pula sebuah tari Legong yang dibawakan oleh Rafida siswa kelas VIIC. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar