KRI Bima Suci Mendarat di Cilacap, Warga Dipersilahkan Datang!

KRI Bima Suci tiba dan bersandar di Dermaga VI Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Kamis (21/10/2021)/Renny Tania

KBRN, Cilacap : Kabupaten Cilacap kedatangan KRI Bima Suci 945 yang mendarat di dermaga 6 pelabuhan Tanjung Intan Cilacap pada Kamis (21/10/2021).

KRI Bima Suci - 945 di komandani oleh Letkol laut Waluyo,yang membawa  89 personel yang terdiri dari ABK, Perwira, Bintara,Tamtama, Satlat AAL, Taruna/i dan satu orang Wartawan Antara.

Kedatangan KRI Bima Suci di Cilacap ini disambut oleh Forkopimda Cilacap, dan disambut tarian Atraksi Tari Gambyong.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut Waluyo mengatakan KRI Bima Suci merupakan kapal yang digunakan untuk latihan dan praktik Pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut Tingkat III atau Angkatan ke 68 yang dilaksanakan mulai pada tanggal 21 Oktober hingga tanggal 25 Oktober 2021.

“Latihan dan praktik yang dilaksanakan agar para taruna dan taruni bisa menggunakan benda-benda angkasa seperti bintang, bulan dan matahari, karena ini sebagai prinsip dasar sebagai pelaut,” ujarnya.

Cilacap menjadi Pelabuhan ke-11 yang didatangi oleh KRI Bima Suci dalam pelayarannya di 99 hari, sejak Bulan 26 Juli hingga 2 November nanti.

Letkol Laut (P) Waluyo yang merupakan asli orang Kebumen ini mengatakan jika KRI Bima Suci ini memiliki panjang 111,2 meter dan lebar 13,6 meter, memiliki tiga tiang dengan tinggi 52 meter.

“Keunggulan dibandingkan dengan KWI Dewa Ruci, jika KRI Bima Suci ini sudah memiliki teknologi tinggi, memiliki anjungan latih, dan alat pemabakaran sampah kertas dan minyak yang bisa mengurai menjadi air, jadi sampah yang dibuang ke laut sudah berupa air,” katanya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan Cilacap sangat bangga, karena disinggahi oleh KRI Bima Suci. Kedatangan ini menjadi peristiwa langka, yang tidak bisa dilakukan satu tahun sekali.

Untuk itu, Bupati berharap dengan adanya KRI Bima Suci ini bisa disaksikan oleh warga Cilacap. Sehingga bisa memotivasi terutama anak muda untuk mau menjadi pelaut.

“Cilacap ini kan daerah pantai, jadi akan membawa semangat, semangat anak-anak muda Cilacap ingin menjadi pelaut, dan mencintai laut,” katanya.

KRI Bima Suci ini telah bersandar di Cilacap hingga Senin. Pihak kapal mengizinkan masyarakat utnuk mengunjungi KRI Bima Suci mulai dari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00