Operasi Patuh Candi 2021 Dimulai, Tanpa Tilang dan Kedepankan Tindakan Humanis

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi memimpin apel Operasi Patuh Candi 2021, Senin (20/9/2021)

KBRN, Cilacap : Operasi Patuh Candi 2021 dimulai pada Senin (20/9/2021). Dengan ditandai apel gelar pasukan di halaman Sarja Arya Racana Polres Cilacap, Jawa Tengah.

Operasi patuh Candi Tahun 2021 melibatkan 104 Orang petugas yang terdiri dari Polri 64 orang dan instansi lain 40 orang terdiri dari Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap, Dishub dan Sat Pol PP Kabupaten Cilacap.

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi mengatakan jika pada Opeari Patuh Candi 2021 dengan tema “Melalui Operasi Patuh 2021 kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap” ini tidak menitikberatkan pada penegakkan hukum.

“Tahun ini tidak berorientasi pada gakkum lantas atau tilang, tapi kita lebih pada pola preemtif dan preventif, yang berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri,” ucapnya.

Kapolres menyampaikan jika pada Operasi Patuh Candi yang biasanya 80 persen kegiatan preemtif, dan 20 persen kegiatan penegakkan hukum, kini, 100 persen merupakan tindakan simpatik. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, kelancaran dan ketertiban berlalu lintas di tengah pandemi Covid-19.

Dengan mengedepankan metode preemtif dan preventif, Kapolres juga meyakini bisa untuk menekan penurunan level PPKM di masing-masing wilayah. Operasi Patuh Candi 2021 akan dilaksanakan mulai 20 September hingga 3 Oktober 2021.

“Saat ini pemerintah masih terus berjuang menurunkan angka penyebaran Covid-19 dengan pendisiplinan protokol kesehatan, mulai memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama serta percepatan pemberian vaksinasi,” jelas Kapolres.

Meskipun demikian, Kapolres menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi aturan berlalu lintas dan sekaligus menerapkan protokol kesehatan.

“Kami berpesan masyarakat selalu mematuhi aturan lalu lintas sekaligus mematuhi protokol kesehatan dalam rangka upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan, dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan,” ujar Kapolres.(RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00