Kapal Pengayoman IV, Membawa Dua Dump Truck

Istimewa

KBRN, Cilacap : Kapal Penganyoman IV yang tenggelam, di Perairan Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah.  Selain membawa tujuh penumpang termasuk ABK, juga terdapat dua dump truck dan satu sepeda motor. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Basarnas Pos Cilacap Nyoman Sidakarya mengatakan sebelum tenggelam, kapal milik Kemenkumham ini membawaa dua drump truck, untuk pengerjaan proyek pembuatan Lapas yang ada di Pulau Nusakambangan. 

Lanjut Nyoman Sidakarya, kondisi kapal layak  berlayar dan sudah digunakan untuk mengangkut kendaraan atau orang, termasuk untuk mendukung proyek pembuatan Lapas di Pulau Nusakambangan. 

Terkait kondisi angin dan gelombang cukup tinggi ( cuaca buruk) pada saat tenggelamanya kapal, Jumat ( 17/9/2021) sekira pukul 09.00 WIB. 

" Kapal itu oleng setelah menempuh beberapa menit dari Dermaga Wijayapura, selanjutnya kapal terbalik dan tenggelam," terang Nyoman Sidakarya. 

Sementara itu, Kalapas Pasir Putih Fajar Nurcahyono pada saat memberikan keterangan kepada media di Dermaga Wijayapura mengatakan Kapal Penginyoman ini beroperasi sejak tahun 2012. Tapi kapal ini pembuatan 2009. 

Kapal ini sudah dilakukan pengecekan, layak laut 3- 4 bulan lalu. Kapak ini mempunyai kapasitas angkut 134 ton. 

" Pihak Lapas Batu yang melakukan kordinir perawatan, sekitar 3- 4 bulan lalu telah dilakukan perawatan," kata Fajar Nurcahyono. 

Data yang diperoleh RRI dari Basarnas Pos Cilacap, Kapal Pengayoman IV, mempunyai lebar 7 meter, panjang 25 meter. ( RA).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00