Dua Tahun Kilang Langit Biru Cilacap Mampu Dongkrak Kemandirian Energi Nasional

Kilang Langit Biru Cilacap

KBRN, Cilacap - Dua tahun sejak di resmikan Kilang Langit Biru Cilacap (KLB) telah mampu mendongkrak kemandirian dan ketahanan energi Nasional.

Kilang tersebut mampu memroduksi bahan bakar minyak Gasoline berkualitas standar EURO 4 dan Pertamax RON 92 serta mampu meningkatkan kapasitas produksi kilang Pertamina Cilacap secara signifikan menjadi 1,6 juta barrel dari sebelumnya 1 juta barrel per bulan.

“Kilang Pertamina Cilacap merupakan kilang terbesar berkapasitas 348 ribu barrel per hari, atau setara dengan 33 persen dari kapasitas kilang di seluruh Indonesia,” kata Pjs. Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Ferdy Saputra, pada peringatan ke-2 Kilang Langit Biru Cilacap (KLB), Sabtu (31/7/2021).

Fredy menjelaskan jika pada perkembangannya unit kilang yang meliputi area FOC I, Utilities dan GTO ini, memproduksi tidak hanya Pertamax RON 92, namun telah berhasil memroduksi Pertamax Turbo sebagai produk andalan KLBC.

“Kami pastikan akan terus berinovasi dengan produk-produk terbaik sebagaimana semangat yang diusung tahun ini, Inovasi KLBC untuk Negeri,” katanya.

Ditambahkan, torehan prestasi juga sudah diraih saat Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) masih berlangsung.

“Saat itu hasil kerjasama tim proyek & Pertamina RU IV berhasil meraih penghargaan Patra Nirbaya Utama untuk  Incident & Injury Free  (IIF) dan pencapaian 17 juta jam kerja aman tanpa Lost Time Injury (LTI),” ungkapnya.

Sementara itu, perayaan 2 tahun KLBC diawali sharing session menghadirkan narasumber Agus Suryono, Manager Engineering PLBC yang dirangkai dengan pengajian dan pemberian santunan. Acara juga dihadiri oleh tim manajamen Pertamina RU IV dan peserta yang terbatas dengan penerapan ketat protokol kesehatan serta disiarkan melalui layar virtual. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00