SDN Kubangkangkung 04 Rutin Gelar Sabtu Berwarna

KBRN, Cilacap : Kemeriahan selalu terjadi di SDN Kubangkangkung 04 Kabupaten Cilacap setiap hari Sabtu tiba. 

Pasalnya, sekolah itu rutin menggelar program Sabtu Berwarna. Program tersebut merupakan akronim dari hari Sabtu Bermain dan Mewarnai.Seperti kemarin, para siswa asyik bermain sunda manda, gobak sodor dan juga mewarnai. 

Penggagas kegiatan ini Calon Guru Penggerak SDN 04 Kubangkangkung Munofa Khoeron Rizok mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan karakter siswa melalui permainan tradisional dan mewarnai atau menggambar. 

"Permainan tradisional yang dimainkan bervariasi setiap pekan. Ada gobag sodor, sudamanda, bentengan, egrang, bakyak, congklak dan lain-lain. Permainan yang sudah langka dimainkan di era digital seperti ini" jelas Khoeron. 

Menurutnya, permainan tradisional selain bisa membiasakan siswa untuk bergerak sehingga ada aktifitas jasmani yang menyehatkan juga dapat menumbuhkan karakter siswa melalui kandungan atau makna yang dapat diambil dari kegiatan tersebut. 

"Untuk kelas rendah (kelas 1-3), mereka kita ajak mewarnai dan menggambar di luar ruangan. Tujuannya agar bisa memberi kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kreatifitas dan bakat mereka di bidang menggambar atau mewarnai" tambahnya. 

Awalnya kegiatan mewarnai dilakukan dengan mewarnai gambar di kertas yang sudah disediakan. Namun ke depan akan disediakan tempat khusus seperti tembok luar atau dalam sekolah dijadikan wahana siswa berkreasi. 

Seperti mewarnai, menggambar menggunakan cat, atau yang biasa disebut dengan mural. 

Kepala SDN Kubangkangkung 04 Aminah menambahkan, program Sabtu Nerwarna ini memanfaatkan aset sekolah berupa halaman yang cukup luas untuk permainan tradisional serta tembok yang nantinya bisa dijadikan obyek mural. 

"Program ini sangat menarik dan bagus untuk diterapkan di sekolah ini. Perlu ditingkatkan dan dikembangkan agar kegiatan ini bisa berdampak positif bagi siswa yaitu penanaman karakter dan kreatifitas siswa" ujar Aminah. ( HP).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00