Kurangi Efek Pandemi, SMP PGRI 1 Cilacap Bentuk Koperasi Matematika

KBRN, Cilacap : Spegone Math Club yang merupakan klub pecinta matematika di SMP PGRI 1 Cilacap, mempunyai program unik untuk siswa di masa pandemi seperti ini. 

Rabu (23/6/2021) mereka membuat Program Koperasi Matematika (Komat) yang memiliki tiga program unggulan. Ketiga program itu terdiri dari yaitu Buku Level (Buvel) , Kreasi Alat Peraga (Silaga) serta Kamar Pintar (Katar). 

Ketiganya dibuat untuk mengefektifkan pembelajaran matematika di era pandemi yang kebanyakan dilaksanakan di rumah. 

Koordinator Kegiatan tersebut Rochayati mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari Spegone Math Club sebagai wadah bagi anak-anak pecinta matematika untuk mengembangkan potensinya. 

“Selama ini matematika menjadi momok bagi sebagian besar siswa, sehingga kami membentuk klub bagi siswa yang menyukai matematika dan membuat program yang dapat menjadi wadah mereka dalam mengembangkan potensinya” ujar Calon Guru Penggerak itu. 

Rochayati menjelaskan, Buvel dapat mengasah dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang konsep-konsep matematika. Prosedurnya, siswa menyetorkan hafalan tentang konsep matematika sesuai dengan levelnya, salah satunya tentang rumus-rumus matematika.

Sedangkan Silaga memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat dan menggunakan alat peraga yang mereka sukai dalam pembelajaran sehingga mereka akan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan tidak merasa bosan. 

Katar sendiri merupakan dorongan terhadap siswa supaya menghias dan menempel kamarnya dengan konsep-konsep matematika. Harapannya supaya mereka akan menjadi ingat dan setiap hendak tidur selalu "dijejali" Konsep matematika. 

Sementara itu, Kepala SMP PGRI 1 Cilacap Sri Surtini mengungkapkan sangat mendukung program ini guna meningkatkan kualitas pendidikan siswa, khususnya dibidang matematika. 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi siswa yang kesulitan dalam belajar matematika. Saat bermanfat di saat pandemi seperti ini" ujar Sri. ( HP).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00