Warga Kutawaru Keluhkan Air Sumur Berwarna Hitam, Dampak Kebakaran Tangki Pertamina, Dirut KPI: Kami Langsung Turun Tangan

Air sumur warga kutawaru Cilacap Tengah yang berwarna hitam akibat asap kebakaran tangki Pertamina Cilacap

KBRN, Cilacap : Kebakaran tangki area 39 di kilang pertamina Cilacap mengeluarkan asap hitam yang mengepul. Hal ini berdampak pada wilayah yang yang dilalui oleh kepulan asap tersebut. Yakni Kelurahan Kutawaru Kecamatan Cilacap Tengah.

Mulai Sabtu, 12 Juni 2021, warga mengeluhkan abu asap hitam yang keluar akibat kebakaran, menyebabkan air sumur ikut menjadi hitam kebiruan. Meskipun air tersebut tidak berbau.

Seperti yang disampaikan Nasripah warga Keluarahan Kutawaru, berusia 50 tahun. Dia mengatakan jika abu asap hitam turun ke penampungan air dan sumur, karena terbawa air hujan.

“Tangki njebluk, kena asapnya, pas hujan jadinya kan masuk ke sumur, jadi kotor hitam,” ujarnya.

Dia mengatakan jika ada warga yang mengatakan jika itu berbahaya, sehingga dia pun tidak menggunakan air sumur yang sudah berwarna hitam. Padahal, sumur menjadi satu-satunya sumber air bersih.

“Masaknya pakai tampungan air hujan sebelumnya (sebelum kebakaran, red), ada seember kecil, kalau mandi masih pakai air sumur,” katanya.

Namun, pihak Pertamina telah memberikan bantuan distribusi air bersih sejak Minggu kemarin.

Sementara itu Direktur Utama PT Kilang Pertamina Indonesia Djoko Priyono menyampaikan jika Pertamina RU IV Cilacap telah terjun ke Kutawaru untuk memberikan bantuan, berupa makanan dan juga air bersih.

“Teman-teman dari RU IV Cilacap sudah terjun ke Kutawaru dan sudah membantu makanan dan air bersih, suda dibantu,” ujarnya.

Dia juga mengatakan jika abu hitam tersebut tidak berbahaya. “Tidak berbahaya,” ujarnya pada konferensi pers yang digelar pada Minggu (13/6/2021).

Kebakaran tangki kilang pertamina terjadi pada Jumat 11 Juni malam saat hujan disertai petir terjadi di Cilacap. Api berhasil padam pada Minggu, 13 Juni pukul 10 lebih 50 menit, atau setelah kurang dari 40 jam dipadamkan.

Meskipun terjadi kebakaran, produksi dan distribusi BBM di kilang Pertamina Cilacap tidak terganggu. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00