Asap Kebakaran Kilang Pertamina Sudah Tak Terlihat, Benarkah Api Berhasil Dipadamkan?

Suasana terkini kebakaran kilang pertamina Cilacap, asap tak lagi terlihat, Minggu (13/6/2021)

KBRN, Cilacap : Asap kebakaran kilang Pertamina Cilacap tidak terlihat lagi pada Minggu (13/6/2021) pada sekitar pukul 10.50 WIB.

Benarkah api yang membakar tangki 39T 203 berhasil di atasi oleh petugas pemadam kebakaran dari internal Pertamina? Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak Pertamina terkait hal ini.

Kebakaran kilang Pertamina Cilacap yang merupakan tangki benzene terjadi pada Jumat (11/6/2021) sekitar pukul 19.45 WIB. Pada saat terjadi hujan lebat disertai petir.

Dugaan awal kebakaran terjadi akibat petir yang menyambar. Akan tetapi pihak Pertamina dan Polres Cilacap mengkonfirmasi jika masih melakukan penyelidikan terkait dengan penyebab pasti kebakaran.

Tangki benzene yang terbakar hingga saat ini jumlahnya ada dua, kebakaran pertama terjadi pada tangki 205 pada Jumat malam, dan berhasil dipadamkan. Namun, titik api kembali muncul pada tangki nomor 203 di area 39.

Tim pemadam kebakaran Pertamina, sebanyak 50 orang dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Sedangkan Damkar dari UPT Damkar Cilacap serta dari water canon Polres Cilacap.

Pada hari Sabtu (12/6/2021) Direktur Utama PT Pertamina juga telah meninjau langsung penanganan kebakaran di kilang Pertamina Cilacap ini. Nicke menegaskan meski terjadi kebakaran di tangka, namun produksi BBM dan juga LPG di Pertamina tidak terganggu.

“Operasional kilang tidak terganggu, karena kilang running as usual, sesuai operasi normal baik untuk produk BBM, LPG dan juga crude oil dan juga petro chemical. Sehingga komitmen kepada masyarakat, penyediaan juga tidak terganggu,” katanya pada preskon yang digelar di Cilacap, Sabtu.

Selain itu, kepada pelanggan benzene, bawa semua keperluan untuk industri sudah terpenuhi. Serta adanya backup dari TPPI, utnuk produk benzene. (RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00