Terapkan Merdeka Belajar dan Adiwiyata, Tempe Busuk Disulap Jadi Pupuk

KBRN, Cilacap : Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang sangat memasyarakat. Karena produksi dan konsumsinya tinggi, sering kali menjadikan tempe membusuk dan menjadi limbah.

Namun tidak demikian bagi siswa di SMPN 6 Cilacap. Dibawah bimbingan Calon Guru Penggerak Isnaeni Sumiarsih, tempe busuk disulap menjadi pupuk.

Tempe busuk dilarutkan dalam air dicampur dengan tape untuk memfermentasi dan gula pasir sebagai nutrisi. 

Isnaeni pada Kamis (6/5/2021) mengungkapkan, pupuk cair tersebut nantinya akan digunakan untuk memupuk tanaman yang ada di sekolah.

" Jadi inovasi tentang lingkungan seperti ini sangat dibutuhkan. Pupuk cair buatan anak-anak nantinya dipakai untuk memupuk tanaman yang sudah ada seperti bunga dan sayur yang ada di sekolah," jelas Isnaeni.

Salah satu siswa yang ikut membuat pupuk berbahan tempe busuk Zahra Amelia Al Fatah mengungkapkan dirinya senang dilibatkan dalam proses pembuatan pupuk ini. 

Menurutnya, ini pengalaman baru yang sangat bermanfaat.

"Dari pelajaran membuat pupuk ini, kita jadi tahu kalau ternyata banyak limbah disekitar rumah yang masih bisa dimanfaatkan menjadi hal yang berguna" ujar Zahra.

Kepala SMPN 6 Cilacap Anteng Widiastuti mengungkapkan, apa yang dilakukan oleh Calon Guru Penggerak sangat membantu mewujudkan konsep merdeka belajar dan juga mendukung terwujudnya sekolah Adiwiyata mandiri. (HP). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00