Tingkatkan Layanan, Disdukcapil Cilacap Luncurkan Paket 3 in 1

KBRN, Cilacap : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap melakukan terobosan dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan. 

Terobosan ini dinamakan 'Program Three in One' yakni satu langkah mendapatkan tiga dokumen administrasi sekaligus.

Dengan mengusung tagline “Gagiyan Metu” atau tiga strategi pelayanan melalui satu langkah, yang diluncurkan pada 29 April 2021.

Dimana nantinya dalam satu Langkah, masyarakat bisa mengurus tiga pelayanan administrasi sekaligus, mulai dari KTP, KK, akta perkawinan, kematian maupun akta kelahiran.

Kepala Disdukcapil Cilacap Anisa Fabriana mengatakan jika ada tiga peristiwa penting dalam hidup, yakni pernikahan, kelahiran dan juga kematian.  

"Ketika peristiwa penting kelahiran dia mengajukan akta kelahiran, maka yang didapat selain akta kelahiran juga mendapat perubahan KK dan sekaligus mendapat Kartu Identitas Anak (KIA)," ujarnya.

Apabila mengajukan akta kematian, maka yang didapat adalah akta kematian, perubahan KK dan perubahan status pada KTP.

Sedangkan untuk pernikahan, Disdukcapil memiliki terobosan baru. Karena juga bersinergi dengan KUA di seluruh Kabupaten Cilacap.

"Begitu ada warga yang menikah, maka itu langsung terintegrasi ke Diadukcapil bahwa warga ini menikah, maka kami akan mengeluarkan KTP saat itu juga dengan status baru, dan cetakkan KK baru dan cetakkan surat nikah dari KUA atau yang non muslim akta pernikahan," ujarnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, program ini sudah lama diinginkan dengan tujuan peningkatan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat. pelayanan yang jauh dapat di dekatkan yang susah bisa dimudahkan.

"Masalah yang krusial selama ini adalah masalah KTP, KK, akta, ini masalah terus. Kenapa masalah ini ngga selesai, nah, Kepala Dinas baru ini saya tugaskan untuk menyelesaikan masalah ini," ujar Bupati.

Buoati berharap dengan inovasi ini, maka permasalahan kependudukan di Cilacap bisa segera terselesaikan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama 10 Rumah Sakit Swasta di lingkup Kabupaten Cilacap tentang peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Ke-10 Rumah sakit tersebut yaitu RSU Aghisna Sidareja, Aghisna Kroya, RS Aprillia Cilacap, RSU Santa Maria Cilacap, Afdilla Cilacap, RSI Fatimah Cilacap, RS Pertamina Cilacap, RSB Annisa, RSU Duta Mulya Majenang dan RSU Raffa Majenang.(RT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00